Search
Sabtu 18 Agustus 2018
  • :
  • :

Hindari Ngantuk Setelah Makan, Lakukan 3 Cara Ini

Starberita – Jakarta, Pernahkah Anda merasa mengantuk setelah menyantap makanan? Ya, fenomena ini banyak sekali dialami oleh masyarakat di seluruh dunia. Terkadang rasa kantuk menyerang hebat yang seakan menyuruh Anda tidur setelah makan.

Apakah gejala ini normal? Meskipun ini bukan fenomena sehari-hari, Anda pasti pernah merasa ingin tidur setelah makan kenyang dan lezat. Dalam bahasa yang sederhana itu disebut ‘Food Coma’ atau ‘Carb Coma’. Dalam bahasa medis, ini disebut ‘Somnolence Postprandial’.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita? Ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, maka akan menghasilkan lonjakan insulin. Selanjutnya, insulin membuat lebih banyak tryptophan masuk ke otak. Zat itu akan berubah menjadi serotonin yang membuat Anda merasa baik dan kemudian melatonin yang membuatnya mengantuk.

Saat Anda makan, perut akan memproduksi hormon lambung yang memicu keluarnya cairan pencernaan dan memecah makanan menjadi partikel yang mudah dicerna. Makanan yang rusak kemudian bergerak ke usus kecil. Pada saat yang sama, pankreas melepaskan insulin yang membantu menyerap glukosa dari karbohidrat dalam makanan. Dan akhirnya, insulin mengirimkan zat kimia triptofan ke otak yang menyebabkan kantuk.

Menurut para ahli, cara terbaik untuk menghindari fiod coma adalah dengan mengatur makanan Anda dan makan dalam pola tertentu sehingga proses internal terkendali. Cara ini tentu sangat efektif, bahkan setelah makan berat Anda tidak merasa mengantuk. Berikut beberapa cara menghindari kantuk setelah makan.

1.Jangan makan terlalu berlebihan

Anda perlu memperhatikan ukuran porsi makan secara ketat. Pastikan Anda makan dengan interval teratur. Makan secara acak dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Anda harus membiarkan leptin naik secara alami dan menguranginya dengan diet seimbang. 

2.Makanlah dengan seimbang

Sekarang Anda tahu alasan di balik rasa kantuk setelah makan. Pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat secara seimbang. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi segala jenis makanan, karena semuanya mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

3.Hindari berdiam diri

Berjalan beberapa saat setelah makan dapat membiarkan makanan itu pecah dan mudah mengendap. Setelah makan disarankan untuk menjadi cukup aktif karena membantu meningkatkan kontrol gula darah yang lebih baik. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: