Search
Selasa 18 Desember 2018
  • :
  • :

5 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Starberita – Jakarta, Diabetes atau kerap disebut kencing manis, merupakan salah satu penyaklit yang paling sering ditakuti. Asupan makanan tinggi gula, gaya hidup tidak sehat, serta kurangnya aktivitas fisik menjadi penyebab utamanya.

Kadang, seseorang suka lupa bahwa berlebihan mengonsumsi makanan manis itu tidak baik untuk kesehatan. Jika dibiarkan terus menerus, maka tubuh Anda akan berpotensi mengalami penyakit diabetes.

Meski demikian, Anda tidak perlu panik. Ternyata masih banyak cara alami selain obat yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Berikut beberapa macam makanan yang dapat menurunkan tekanan darah seseorang.

Alpukat

Asam lemak tak jenuh ganda (PUFAs) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs) adalah komponen penting untuk mengatur kadar gula darah. Keduanya dapat meningkatkan produksi  insulin. Selain itu mereka juga memiliki dampak yang sehat pada tekanan darah dan peradangan. MUFAs adalah nutrisi utama dalam alpukat.

Penelitian menunjukkan alpukat dapat menurunkan risiko sindrom metabolik yang dapat meningkatkan risiko diabetes. Ini akan menjadi risiko bagi pembuluh darah dan stroke. Alpukat juga memiliki GI rendah, sehingga sangat aman untuk dijadikan hidangan pencuci mulut.

Ikan-ikanan

Tuna, halibut dan berbagai macam ikan dengan asam lemak omega-3 menjadi makanan penurun gula darah selanjutnya. Protein membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya sendiri. Kadar protein tidak mempengaruhi kadar gula darah dan membuat perut kenyang lebih lama. Dengan begitu, secara tidak langsung dapat menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darah.

Beberapa jenis ikan yang mungkin bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar gula darah adalah: salmon, trout, albacore dan ikan kembung.

Bawang putih

Bawang putih memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah tanpa melakukan puasa. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang memiliki efek positif pada kadar gula darah. Mereka tidak memiliki peringkat GI karena tidak ada karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Cuka sari apel

Asam asetat dalam cuka sari apel dapat mengurangi enzim tertentu dalam lambung. Sebuah studi melaporkan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan produksi insulin setelah makan. Cobalah mengonsumsi 20 ml cuka sari apel dalam 40 ml air sebelum Anda makan. Hal ini bisa membantu mengurangi lonjakan gula darah.

Cokelat

Sebagaimana diketahui sebelum ditambahkan gula, rasa murni dari cokelat adalah pahit. Biji kakao tinggi akan antioksidan dan mengandung flavanol yang disebut epicatechin. Mereka dapat mengatur produksi glukosa dan mengantifkan protein kunci. Hal ini bisa membantu dalam menstabilkan gula darah bahkan bagi mereka yang telah mengalami diabetes. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: