Search
Selasa 11 Agustus 2020
  • :
  • :

Moms, Ini Tips Jika Anak Terserang Rubella

Starberita – Jakarta, Pemahaman masyarakat Indonesia akan penyakit berbahaya masih sangat minim. Alhasil banyak penyakit dialami masyarakat Indonesia, meski hal tersebut bisa dicegah sejak dini. Ketidakpedulian masyarakat akan pentingnya vaksinasi menjadi salah satu faktor utama maraknya penyakit saat ini.

Well, salah satu kegiatan yang tengah gencar dikampanyekan saat ini adalah tentang vaksinasi rubella. Salah satu komunitas yang paling aktif terlibat dalam kampanye ini adalah Rumah Ramah Rubella.

Komunitas ini telah berdiri sejak Oktober 2013 oleh Grace Melia. Tujuannya adalah agar para orang tua dari anak penderita rubella bisa saling berbagi pengalaman dan mendapatkan informasi seputar infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes Simplex).

“Kami percaya bahwa peningkatan kesadaran masyarakat akan manfaat vaksinasi Measels dan Rubella di seluruh Indonesia bisa menurunkan jumlah anak-anak yang terinfeksi virus Rubella. Ada banyak miskonsepsi tentang dampak vaksinasi dan kita semua wajib membuktikan bahwa mitos-mitos tersebut tidak benar,” tegas Grace.

Grace pun juga memberikan beberapa tips sederhana yang bisa digunakan jika ada anak yang positif mengalami rubella.

1.Berikan penjelasan kepada keluarga terdekat Anda jika anak ini membutuhkan perhatian khusus.

2.Lakukan edukasi terhadap seluruh anggota keluarga tentang rubella. Selain itu, jangan pernah membandingkan atau membuat tersinggung sang anak.

3.Sesama anggota keluarga seharusnya saling menguatkan serta membari motivasi satu sama lain dan berdoa berharap yang terbaik.

Tak hanya berbagi tips Grace juga aktif memberikan edukasi mengenai rubella, apalagi sekarang penyakit tersebut sudah ada vaksinnya. Para orang tua seperti calon pengantin dan calon ibu hamil pun kini tergerak hatinya untuk mengetahui vaksin apa yang mereka perlukan.

Tingakat kesadaran para orang tua ini mungkin terlihat remeh, tapi efeknya sangatlah luar biasa. Dengan pengetahuan yang baik mengenai penyakit ini, para orang tua bisa menentukan sendiri langkah apa yang harus mereka lakukan. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: