Search
Minggu 9 Agustus 2020
  • :
  • :

Jangan Anggap Sepele, Vaksin Campak & Rubella Itu Penting

Starberita – Jakarta, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah campak dan rubella. Eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella pada 2020 telah menjadi komitmen pemerintah Indonesia.

Sebagaimana diketahui imunisasi MR dilaksanakan selama dua bulan pada dua fase. Fase pertama telah dilaksanakan selama Agustus-September 2017 di seluruh wilayah pulau Jawa. Sementara fase kedua juga dilaksanakan pada bulan yang sama.

Sebanyak 395 kabupaten/kota dan 6.369 puskemas pada 28 provinsi di luar Pulau Jawa akan melaksanakan imunisasi MR yang menyasar kelompok paling rentan yakni anak-anak berusia 9 bulan – kurang dari 15 tahun. Selama masa kampanye imunisasi MR diberikan secara massal tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M Kes, berharap program ini bisa berjalan dengan lancar dan tepat pada tujuan. Ia ingin penyakit campak bisa diberantas di Indonesia sementara mata rantai virus Rubella bisa dipatahkan.

“Saya sedang mengupayakan imunisasi sebesar 95%. Ini adalah program Indonesia sehat dengan pendidikan keluarga. Ini bukan proyek ambisius, tapi kita sebagai negara ingin menjamin bahwa setiap anak bisa mendapatkan hak-haknya,” tegas Anung.

Sama halnya dengan Anung, Guru Besar Dokter Spesialis Anak, Prof Iwan Gardono Sudjatmiko, Ph.D, juga mengimbau para orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya. Ia berharap program gratis dari pemerintah ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk anak-anak.

“Vaksin ada 2, campak dan rubella karena bisa menyebabkan radang paru dan penyakit lainnya yang menyebabkan kematian. Oleh sebab itu manfaatkanlah program ini sebaik mungkin. Kita eliminasi campak dan putus rantai rubella bagi ibu hamil,” tandas Prof Sudjatmiko. (sbc-02/okz)




Tinggalkan Balasan

error: