Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Hasyim: Dinkes Harus Perhatikan Kualitas & Kuantitas Puskesmas di Kota Medan
Search
Selasa 24 September 2019
  • :
  • :

Hasyim: Dinkes Harus Perhatikan Kualitas & Kuantitas Puskesmas di Kota Medan

Starberita – Medan, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan, Hasyim, meminta Dinas Kesehatan Kota Medan dapat memperhatikan kualitas dan kuantitas Puskesmas di Kota Medan. Sebagai layanan medis pertama, layaknya tenaga medis di Puskesmas dapat mendiagnosa dan melayani masyarakat dengan baik.

“Seharusnya Puskesmas itu tidak hanya jadi tempat ambil rujukan. Kalau memang dapat dilayani oleh tenaga medis di Puskesmas, tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit. Tenaga medis di Puskesmas, baik dokter maupun perawatnya harus mampu bekerja dengan baik. Sehingga masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari rumah sakit, dapat dilayani di puskesmas,” terang Hasyim kepada wartawan di Medan, Minggu (22/7/2018).

Dinas Kesehatan Kota Medan, kata Hasyim, harus dapat memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas. Kalau memang layak melayani rawat inap, puskesmas harus dilengkapi tenaga medis yang profesional.

“Bila Puskesmas telah dilengkapi dan disempurnakan dengan fasilitas memadai, tentu akan mendapat kepercayaan dari masyarakat. Mereka tidak perlu mengambil rujukan untuk ke rumah sakit. Tetapi cukup dilayani di puskesmas. Tergantung mutu puskesmas tersebut,” tegas anggota Komisi C ini.

Sebelumnya Walikota Medan, Dzulmi Eldin, baru-baru ini meresmikan peningkatan status Puskesmas Pembantu (Pustu) Sicanang menjadi Puskesmas Induk. Peningkatan status ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal bagi masyarakat di bagian utara Kota Medan. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: