Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Persiapkan Niat & Hati, Pesan Walikota bagi Calhaj Binjai
Search
Kamis 21 November 2019
  • :
  • :

Persiapkan Niat & Hati, Pesan Walikota bagi Calhaj Binjai

Starberita – Binjai, Walikota Binjai, HM Idaham, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag), H Abdul Manan, menepungtawari jemaah calon haji Kota Binjai tahun 2018, di Kecamatan Binjai Kota, Senin (16/7/2018).

Tahun 2018 Kota Binjai memberangkatkan sebanyak 251 calon jemaah haji, dan 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Terdiri dari 160 orang perempuan, dan 91 orang laki-laki. Jemaah tertua perempuan berusia, 79 tahun, tertua laki-laki 78 tahun, dan jemaah termuda perempuan 24 tahun, dan termuda laki-laki 27 tahun.

Dalam sambutannya Walikota mengingatkan kepada seluruh jemaah calon haji untuk memperbaiki niat dan hati, dirinya meyakini bahwa seluruh jemaah calon haji telah diberikan bekal yang cukup pada saat mengikuti manasik.

“Pengalaman saya selama menjalankan ibadah haji beberapa tahun lalu yang sangat penting dipersiapkan adalah niat dan hati kita selama menjalankan ibadah haji,” pintanya.

Idaham berpesan kepada seluruh jemaah agar meningkatkan rasa kepedulian, saling membantu, dan saling mengenal diantara seluruh jemaah asal Binjai, bangun rasa kepedulian antara sesama jemaah selama menjalankan seluruh rangkaian haji nantinya.

“Kepada petugas haji saya imbau tanamkan niat dalam hati untuk dapat melayani para jemaah dengan baik. Pemko Binjai akan menyiapkan kepada seluruh jemaah masing-masing satu tas berisi obat-obatan, serta telah menitipkan uang kepada petugas haji yang ikut mendampingi untuk biaya berziarah,” jelas Idaham.

Kakankemenag Kota Binjai, H Abdul Manan, menjelaskan bahwa seluruh jemaah calon haji telah dibekali dengan manasik sebanyak 8 kali yang telah dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Manasik haji akbar yang diselenggarakan oleh Kemenag digelar selama dua hari, bertujuan sebagai manasik pemantapan.

“Insha Allah jemaah kita sudah mengetahui, dan diharapkan dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji secara mandiri selama di tanah suci,” ungkap Kakankemenag.

Jemaah haji Kota Binjai berjumlah 251 jemaah di tambah 2 orang TPHD, telah meninggal satu orang jemaah, dan jemaah yang meninggal akan secara otomatis digantikan dengan ahli warisnya. Binjai tergabung ke dalam kelompok terbang 15, jemaah asal Binjai akan bergabung dengan jemaah asal Kota Medan.

Sesuai jadwal jemaah asal Binjai masuk ke Asrama Haji Medan pada 5 Agustus, dan 6 Agustus akan terbang ke Jeddah, serta kembali ke tanah air pada 17 September.

Menambahkan, perwakilan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, Bahrum Saleh MA, mengatakan bahwa manasik haji akbar telah dilaksanakan seluruh jemaah calon haji asal Sumut. Berdasarkan data yang diperoleh 96 persen kondisi jemaah calon haji dalam keadaan sehat.

8.466 Jemaah haji asal Sumut dibagi ke dalam dua gelombang, dimana gelombang pertama kloter 1 sampai 7 berangkat dari Bandar Udara Kualanamu menuju Madinah, dan gelombang kedua kloter 8 sampai 23berangkat dari Kualanamu menuju Jeddah.

“Paspor kita sudah selesai sampai 18 kloter, dan alhamdulillah tahun ini tidak ada masalah untuk visa. Sesampainya di Asrama Haji Medan, seluruh jemaah akan diberikan uang saku sebesar 1.500 Riyal atau berkisar Rp 6 juta,” ungkap Bahrum. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: