Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Ahmad Doli Kurnia Tanjung Jadi Plt Ketua Golkar Sumut

Starberita – Medan, Dua hari menjelang penutupan pendaftaran calon anggota legislatif (Caleg) pada 17 Juli 2018 mendatang, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mencopot Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ngogesa Sitepu.

Untuk menjalankan roda organisasi partai Golkar di Sumut, DPP menunjuk Wakil Ketua Korbid Pemenangan Pemilu Wilayah Sumatera DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung, sebagai Plt Ketua DPD Golkar Sumut.

Penunjukan Ahmad Doli Kurnia Tanjung itu sebagai pelaksana tugas (Plt) tertuang di dalam surat keputusan (SK) No : KEP-316/DPP/GOLKAR/VIII/2018 yang ditandatangani oleh Ketua Umum, Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jendral, Lodewijk F Paulus tertanggal 14 Juli 2018 yang langsung diserahkan oleh Korbid Kepartaian DPP Golkar Ibnu Munzir di kantor DPD Golkar Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Minggu (15/7/2018).

Ibnu Munzir kepada wartawan menyebutkan, penunjukan Plt DPD Golkar agar roda kepartaian tetap berjalan apalagi menjelang akhir pendaftaran caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 17 Juli 2018. Dalam kesempatan itu Ibnu Munzir menolak bahwa keputusan tersebut merupakan pencopotan terhadap Ketua DPD Golkar Sumut, Ngogesa Sitepu.

“Bukan pencopotan, tapi pemberhentian sementara. Jadi, agar organisasi tetap berjalan apalagi menjelang penutupan pendaftaran caleg ke KPU di seluruh kabupaten/kota di Sumut, DPP menunjuk Plt-nya,” sebut Ibnu.

Disinggung alasan DPP melakukan pergantian Ketua DPD Golkar Sumut, Ibnu, enggan berkomentar terlalu banyak mengenai alasan pencopotan itu. Hanya saja, DPP merasa ‘kecewa’ dengan adanya keterlambatan penyusunan nama-nama caleg yang bakal didaftarkan ke KPU.

“Kita (Golkar, red) kan tidak mau kalau gara-gara keterlambatan itu mengakibatkan tidak ada caleg kita yang didaftarkan ke KPU. Apalagi, waktunya tinggal dua hari lagi,” tandasnya.

Sementara, Ahmad Doli Kurnia, usai mendapat SK sebagai Plt langsung memimpin rapat pleno pertama bersama sejumlah pengurus DPD Golkar Sumut, diantaranya, Sekretaris DPD Golkar Sumut, Irham Buana, Bendahara Akbar Himawan Buchari, Wakil Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wil. 1 (Medan A) Sabar Syamsurya Sitepu, Wakil Ketua DPD, Iswanda Ramli serta sejumlah pengurus lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Doli, menyebutkan bahwa penunjukan dirinya sebagai Plt DPD Golkar Sumut merupakan tugas berat. Sebab, Partai Golkar memiliki target besar di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. “Untuk Pileg di Sumut kita targetkan 21 kursi di DPRD Sumut, ” katanya.

Untuk mewujudkan itu, ujar dia, perlu ada konsolidasi secara maksimal. Bahkan, DPP Partai saat ini tengah berjuang keras agar elektabilitas Golkar naik sehingga target kemenangan di 2019 bisa terlaksana.

“Golkar di Sumut tidak pernah kalah. Dengan alasan agar terkonsolisasi secara maksimal maka DPP memutuskan menunjuk Plt,” ujar Doli.

Dalam rangka penyusunan format pencalegan yang bakal didaftarkan ke KPU di seluruh Kabupaten/Kota di Sumut, Doli, meminta kepada seluruh DPD II Golkar untuk segera melaporkan seluruh nama-nama caleg yang akan didaftarakan.

“Kita berharap nama-nama caleg yang akan didaftarkan, hari ini (Minggu, red) sudah harus masuk ke DPD Golkar Sumut. Agar nama-namanya segera dibawa ke pusat (DPP) untuk ditandatangani Ketua Umum (Ketum) sehingga maksimal pada hari Selasa (17/7/2018) sudah bisa didaftarkan ke KPU,” tegasnya.

Ucapan Terimakasih

Kepada Ngogesa, Doli, mengatakan DPP Partai Golkar mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas apa yang sudah dilakukan selama ini. Namun, dengan pertimbangan peningkatan kerja dan organisasi, keputusan ini harus diambil.

“Komunikasi dan jaringan antara Provinsi dan Kabupaten/Kota harus baik, begitu juga dengan masyarakat. Karena Golkar tidak pernah kalah di Sumut,” ungkapnya. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan

error: