Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Terkelin: ASN Perlu Pemahaman Tepat tentang Hukum & HAM
Search
Selasa 19 November 2019
  • :
  • :

Terkelin: ASN Perlu Pemahaman Tepat tentang Hukum & HAM

Starberita – Kabanjahe, Bupati Karo Terkelin Brahmana menilai, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pengemban undang-undang dalam memberikan pelayanan, termasuk tenaga kesehatan, tidak menutup kemungkinan akan menghadapi masalah-masalah hukum.

“Hal itu disebabkan karena ketidaktahuan, kelalaian atau ketidaksengajaan dalam memberikan pelayanan publik. Atau sebaliknya, adanya tuntutan masyarakat yang melebihi batas dari tugas dan kewenangan ASN itu sendiri,” demikian pesan Terkelin saat membuka secara resmi sosialisasi perundang-undangan tahun 2018 tentang Hak Azasi Manusia (HAM) di Berastagi, kemarin.

Terkelin menjelaskan, sosialisasi ini untuk mewujudkan pembangunan perspektif hak asasi manusia (HAM). Selain itu pelaksanaan pembangunan daerah terdapat norma hukum baik lisan maupun tulisan yang diatur dalam kehidupan bermasyarakat.

“Untuk itu, perlu adanya pemahaman yang baik tentang penempatan yang tepat tentang HAM di dalam kehidupan kemasyarakat,” tuturnya.

Dia menegaskan, dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik juga terdapat penghormatan HAM yang harus diterapkan dalam pemerintah daerah. Bagaimana cara pemerintah daerah melakukan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana mestinya juga merupakan bentuk penghormatan terhadap HAM kepada masyarakat.

Untuk itu, kepada OPD se-jajaran Pemkab Karo yang memiliki unit pelayanan publik harus menyediakan ruang tunggu yang representatif dan memberikan fasilitas pelayanan yang baik sebagai bentuk penghormatan HAM pemerintah daerah kepada masyarakat, harap Bupati Karo.

“Kepada peserta sosialisasi pada hari ini, saya meminta agar dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh serta dapat memahami dengan baik, sehingga usai kegiatan ini dapat dilakukan evaluasi pelaksanaan kedepannya agar apa yang dibahas selama dua hari ini dapat diterapkan dan bermanfaat,” kata dia.

Saya sangat berharap kedepannya Kabupaten Karo menjadi sebuah daerah yang ramah HAM (Human Right City), menambah pemahaman para ASN dalam hal pengenalan HAM, bentuk bentuk pelanggran HAM yang terjadi disekitar sehingga dapat meminimalisir dampak yang akan terjadi, serta dalam penyusunan produk hukum daerah setiap OPD paham cara mengintergrasikan HAM dalam setiap materinya

“Kabupaten Karo sebagai penerima penghargaan “Kabupaten Peduli HAM tahun 2015 dan 2016” mengambil langkah untuk mengadakan kegiatan sosialisasi peraturan perundang undangan yang terkait dengan HAM guna mewujudakan Kabupaten yang ramah HAM,” ungkap Terkelin Brahmana. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: