Search
Senin 23 Juli 2018
  • :
  • :

Ini Kiat BKPM Hadapi Perang Dagang

Starberita – Jakarta, Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM) menyiapkan sejumlah langkah dan strategi menghadapi perang dagang global agar tak kalah saing. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa muncul kekhawatiran investor berpaling ke negara lain di tengah ketatnya perang dagang.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, pemerintah telah melakukan pertemuan khusus membahas strategi tersebut. “40 persen investor kan di perindustrian. Jadi kami bekerja erat dengan Kemennterian Perindustrian untuk desain khusus pabrik dan industri, baik hulu dan hilir, industri berat hingga ringan, semuanya butuh insentif,” ujar Thomas di kantor BKPM, Jakarta, kemarin.

Tarik menarik investor akan berlangsung sengit. Oleh karena itu, kata Thomas, Indonesia harus bisa memberi insantif yang menarik agar investor memilih Indonesia untuk menanam saham.

“Kita harus berjuang all out dengan insentif yang paling agresif dan menarik perhatian investor. Karena negara saingan kita melakukan hal yang sama,” kata Thomas.

Sejak mulai perang dagang, kata Thomas, hampir semua mata uang tertekan. Jika ekspor ke negara tujuan jadi sulit, pasar modal akan langsung menyesuaikan. Secara otomatis negara tersebut akan memurahkan negara eksportir dan memahalkan negara importir.

Menurut Thomas, hal lain yang harus dijaga saat ini adalah sentimen di masyarakat terhadap perang dagang ini. Jangan sampai keluar kebijakan-kebijakan yang blunder.

“Dari sisi insentif, alat utama di semua negara berkembang, terutama Asia pasti tax holiday. Karena sangat simbolis, sinyal keseriusan pemerintah pada investor dan investasi,” kata Thomas. (sbc-03/pas)




Tinggalkan Balasan

error: