Search
Kamis 22 November 2018
  • :
  • :

Menstruasi Bisa Lindungi Wanita Dari Penyakit Jantung

Starberita – Jakarta, Penyakit jantung rentan menimpa siapa saja, bahkan di usia yang masih tergolong muda. Tapi, kaum hawa ternyata cukup beruntung karena di usia produktifnya, tubuh memiliki cara memproteksi diri secara alami dari penyakit jantung.

Penyakit jantung disebabkan oleh adanya penumpukan lemak di pembuluh darah yang bisa terjadi sejak usia 10 tahun. Bahkan, anak-anak yang mengalami obesitas di 10 tahun, bisa alami penyakit jantung koroner di usia dewasa kelak.

“Anak-anak dengan obesitas di usia 10 tahun atau lebih, rentan menderita penyakit jantung koroner. Tetapi, progres atau proses percepatan terjadinya penyakit jantung tersebut bergantung pada beberapa faktor lain,” ujar Spesialis Jantung Paru, dr. Johan Winata, Sp.JP(K), FIHA, dari RSPI Puri Indah Jakarta.

Pada para pria, khususnya di atas usia 40 tahun, harus waspada dengan penyakit jantung ini. Sebab, tubuhnya bisa dengan cepat memproses terjadinya penumpukan lemak dan berdampak pada penyakit jantung di usia dini.

“Faktor pemicu yang mempercepat terjadinya penyakit jantung pada pria yaitu saat usianya mencapai 40 tahun. Progressnya sangat cepat. Berbeda dengan kaum wanita yang masih menstruasi, progresnya lambat karena memiliki hormon untuk memproteksi kesehatan jantung,” ungkapnya.

Menurutnya, kaum hawa baru akan mengalami penyakit jantung di saat usianya melebihi 50 tahun atau saat menopause terjadi. Di saat itu, hormon menstruasi yang memproteksi jantungnya akan hilang dan membuat penumpukkan lemak pemicu penyakit jantung semakin cepat terjadi.

“Pada wanita progresnya landai sampai saat menopause nanti. Ketika tidak mens, progresnya cepat karena hormon mens yang menjaga jantung sudah tidak ada. Ditambah bila ada risiko seperti gula atau hipertensi, meski belum menopause, itu bisa mempercepat proses penyakit jantung terjadi,” katanya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan