Search
Selasa 17 Juli 2018
  • :
  • :

Mamma Beer, Minuman Khusus untuk Penderita Kanker Payudara

Starberita – Jakarta, Secara harfiah, kemoterapi adalah penggunaan zat kimia untuk perawatan penyakit. Dalam penggunaannya, istilah ini hampir merujuk secara eksklusif kepada obat sitostatik yang digunakan untuk merawat kanker.

Metode pengobatan ini sebetulnya memiliki beberapa efek samping yang cukup merepotkan. Selain rambut rontok, mual, dan timbulnya rasa lelah, Anda juga akan dihadapkan dengan hilangnya nafsu makan dan perubahan selera pada indera perasa.

Dalam arti lain, makanan yang selama ini Anda sukai, kemungkinan besar rasanya akan berbeda. Seringkali terasa pahit atau hambar. Hal tersebut tentu menjadi sebuah pukulan telak bagi para pencinta makanan.

Namun beberapa waktu lalu, seorang wanita asal Republik Ceko memiliki cara unik untuk mengatasinya, terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir. Perlu diketahui bahwa alkohol sebenarnya tidak boleh dikonsumsi oleh para pasien kanker.

Jana Drexlerova, CEO Mamma Help, sebuah kelompok advokasi kanker payudara di Praha, menjalani kemoterapi sejak tahun 2011 lalu karena ia didiagnosa menderita kanker payudara. Setelah melewati proses kemo, ia mengaku seluruh makanan dan minuman yang ia santap terasa seperti ‘pasir’.

“Ketika akhirnya aku mendapatkan kembali selera makanku, yang bisa kumakan hanyalah sup tomat dingin. Tapi rasanya sangat hambar,” tutur Jana kepada NPR.

Untuk mengakali hal tersebut, Mamma Help menciptakan bir merah muda di mana hasil penjualan akan disumbangkan kepada para pasien kanker. Namun pada awal tahun 2018, mereka memutuskan untuk membuat bir bebas alkohol, dan diperkaya dengan kalium serta vitamin B. Nutrisi inilah yang mungkin tidak didapatkan para pasien kanker ketika mereka tidak memiliki nafsu makan. Akhirya, Mamma Beer diciptakan.

“Saya ingin membuat bir yang dapat meningkatkan nutrisi dan kesehatan selama proses perawatan (kemoterapi) berlangsung,” imbuhnya

Jana juga menekankan, produk ini memberikan peluang besar bagi para wanita untuk kembali merasakan kehidupan normal mereka.

Mamma Beer diproduksi oleh Zatec, sebuah tempat penyulingan bir yang terletak di utara kota Praha. Dilihat dari resepnya, olahan bir unik ini terbuat dari campuran jus apel yang digunakan untuk melawan rasa logam yang sering dikeluhkan pasien kemo.

Bir tersebut memiliki rasa manis dan fruity, dengan sentuhan rasa tajam yang berada di antara sari apel dan bahan dasar bir itu sendiri.

“Dokter sering merekomendasikan kami untuk mengonsumsi bir dalam jumlah sedang, karena kandungan nutrisi dan vitaminnya,” kata Tereza Sverakova, seorang penderita kanker payudara yang juga ikut memproduksi bir bersama Jana.

Tereza menambahkan, hasilnya memang sangat mengejutkan. Tetapi semua orang tahu rasa bir itu sangat pahit.

“Jadi kami pikir akan sangat membantu jika mengembangkan bir khusus untuk para wanita yang sedang menjalani kemoterapi. Oleh karena itu kami membuat olahan bir non-alkohol dan dibuat lebih manis untuk menghilangkan rasa pahitnya,” jelas Tereza. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: