Search
Kamis 22 November 2018
  • :
  • :

Makan Yoghurt, Baiknya Sebelum atau Sesudah Makan?

Starberita – Jakarta, Ada banyak pertanyaan seputar konsumsi tepat yoghurt. Susu fermentasi yang identik dengan rasa asam ini kerap dinilai “berbahaya” jika dikonsumsi sebelum makan, atau dalam keadaan perut kosong. Benarkah?

Anda mungkin bertanya-tanya: mana yang lebih aman, mengonsumsi yoghurt sebelum atau setelah makan? Pasalnya, kendati mengandung beragam manfaat, banyak orang menganggap yoghurt tidak bisa dikonsumsi sembarang waktu. Salah satunya, ketika perut dalam kondisi kosong atau sebelum makan.

Selain meningkatkan risiko nyeri lambung, minum yoghurt sebelum makan juga bisa meminimalkan fungsi lactobacilus ketika berada dalam kondisi asam lambung tinggi. Lantas, benarkah demikian?

Perut Kosong Justru Lebih Baik

Faktanya, minum yoghurt ketika perut kosong atau saat snack time lebih dianjurkan. Pasalnya, saat itu–bakteri baik yang ada dalam yoghurt justru akan terserap dengan baik. Sebaliknya, ketika perut terisi makanan, tubuh cenderung akan memprioritaskan makanan utama, sehingga yoghurt tidak lagi dicerna.

Minum yoghurt dalam kondisi perut kosong sendiri tidak akan “membuang” zat protein. Pasalnya, kadar protein dalam yoghurt hanya sebesar 2,5%. Di sisi lain, sebelum makan–perut dan lambung pun sebetulnya tidak benar-benar kosong. Inilah yang mengakibatkan, kadar asam lambung yang dihasilkan tidak begitu tinggi.

Nah, menyantap yoghurt sebagai menu sarapan juga dinilai baik, terlebih bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain cukup mengenyangkan, kandungan nutrisinya juga mampu memberikan energi yang cukup untuk mengawali hari. Untuk hasil maksimal, ada baiknya menyantap yoghurt sebagai camilan, dessert setelah makan, atau membawanya saat bepergian jauh.

Kendati tidak berbahaya, minum yoghurt ketika perut kosong wajib dihindari dengan beberapa catatan. Pertama, bagi orang yang menderita tukak lambung (sehingga kadar asam lambungnya cenderung tinggi) atau penyakit perut lainnya. Kedua, hindari pula minum yoghurt yang terlalu dingin. Sebagai gantinya, ada baiknya yoghurt didiamkan terlebih dulu dalam suhu ruangan selama 30 menit, sebelum disantap. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan