Search
Selasa 17 Juli 2018
  • :
  • :

Asintel Kejatisu: TP4 Ubah Kejaksaan Menjadi Sahabat Masyarakat

Starberita – Medan, Jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) secara internal terus melakukan perubahan ataupun reformasi guna menghilangkan image negatif di tengah-tengah masyarakat.

“Sesuai dengan arahan Kejaksaan Agung (Kejagung), saat ini jajaran Kejaksaan secara keseluruhan merubah perilaku tidak lagi menakutkan, tetapi harus menjadi sahabat masyarakat,” ungkap Asisten Intelijen Kejatisu, Leo Simanjuntak, didampingi sejumlah staf ketika bersilaturahmi ke Kantor Starmedia Group di Jalan Amir Hamzah Medan, Rabu (11/7/2018).

Dihadapan Wakil Pemimpin Umum, H. Baharuddin, Redpel Harian Andalas, Gusliadi, Wakil Pimpinan Koran Anti Korupsi, Benny, Plt Redpel Starberita.com, Satriadi dan Redaktur Ekonomi Harian Andalas, Hamdani, Leo, menjelaskan salah satu langkah perubahan yang dilakukan Kejatisu adalah pembentukan Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan (TP4). “Dalam TP4 ini, semua sub unit kerja atau tim tekhnis Kejaksaan ada didalamnya. Ya, disitu ada Intel, Pidsus, Pidum dan Datun,” katanya.

TP4 lahir, sebut Leo, merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kejagung pada puncak peringatan Hari Adhyaksa tahun 2015. “Pada puncak peringatan itu, Presiden Joko Widodo memberikan amanat agar penegakan hukum tidak harus mengorbankan pembangunan,” kata mantan Kejari Pangkal Pinang itu.

Dari situ, sambung Leo, Kejagung mengintervestasikannya dengan membentuk TP4, dimana bertugas memberikan pendampingan serta mengawal berbagai proyek-proyek strategis nasional agar selesai tepat waktu, tepat mutu, tepat sasaran dan tepat serapan. “Kalau proyek strategis nasional itu tidak dikawal akan bahaya, karena itu memakai uang rakyat. Jadi, TP4 itu mengawal uang rakyat,” sebutnya.

Keberhasilan itu, tambah mantan Asintel Kejati Lampung itu, bukan banyaknya kasus-kasus korupsi yang diselesaikan atau banyak ditangkapnya para tersangka korupsi, namun bagaimana mencegah tidak terjadinya tindak pidana korupsi. “Makanya, Kejaksaan sekarang sudah merubah diri menjadi sahabat masyarakat,” ujar mantan Kejari Metro Lampung itu.

Khusus di Sumut, Leo, mengajak tidak takut melakukan pembangunan. Sebab, pihaknya siap memberikan pengawalan proses pembangunan tersebut. “Mari kita bangun Sumut dengan bebas korupsi,” ajaknya.

Sementara Wakil Pemimpin Umum Starmedia Group, H. Baharuddin, mengucapkan terima kasih atas silaturahmi Asintel bersama jajaran ke Kantor Starmedia Group.

Dia mengatakan, kerjasama Starmedia Group dengan Kejaksaan sudah lama. Bahkan diantara keduanya saling mengunjungi dalam menjaga silaturahmi.

“Kiranya, hubungan silaturahmi ini tetap kita jaga dan pertahankan serta saling berkerjasama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” ujarnya. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: