Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Atasi Batuk dengan 8 Minyak Esensial Alami Ini, Bisa Anda Coba
Search
Kamis 21 November 2019
  • :
  • :

Atasi Batuk dengan 8 Minyak Esensial Alami Ini, Bisa Anda Coba

Starberita – Jakarta, Batuk, pilek, dan flu salah satu penyakit yang paling sering dimiliki banyak orang. Batuk terkadang akan hilang dengan sendirinya tapi juga bertahan dalam waktu lama. Jika sudah begini, tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Namun, tak perlu khawatir ada pengobatan alternatif yang dapat mengatasi batuk, yaitu dengan minyak esensial. Banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan sebagai obat untuk batuk. Apa saja? Simak jawabannya di sini.

Minyak esensial untuk mengatasi batuk

Ada banyak penyebab seseorang mengalami batuk, termasuk pilek, flu, atau infeksi saluran pernapasan. Minyak esensial dapat membantu melegakan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir.

Minyak esensial dapat dijadikan terapi alternatif, yang harus digunakan dengan hati-hati, karena tidak ada pedoman yang disetujui mengenai dosisnya.

Berikut beberapa minyak esensial yang dapat membantu mengatasi batuk.

1. Minyak kayu putih

Banyak orang menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi batuk dan penyakit pernapasan lainnya seperti faringitis, bronkitis, dan sinusitis.

Minyak kayu putih mengandung senyawa eucalyptol atau cineole yang memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat melawan bakteri penyebab penyakit. Eucalyptol juga dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan meredakan ketegangan otot yang dapat disebabkan oleh pilek atau flu.

2. Minyak esensial rosemary

Rosemary adalah tumbuhan yang mudah ditemukan. Minyak rosemary mengandung senyawa cineole, yang dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan.

Selain itu, dapat menenangkan otot-otot di trakea Anda, melegakan pernapasan Anda,dan bahkan dapat menjadi obat untuk asma. Minyak esensial ini paling sering dicampur dengan minyak pembawa dan dioleskan ke kulit.

3. Minyak esensial peppermint

Minyak esensial peppermint mengandung mentol, yang memunculkan sensasi dingin yang dapat menenangkan atau meredakan tenggorokan yang gatal. Sehingga jika Anda sedang sakit tenggorokan atau batuk, dengan menghirup minyak esensial ini dapat merasa lebih baik.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sehat menggunakan minyak peppermint, dapat membantu melemaskan otot-otot batang tenggorokan, yang dikenal sebagai otot bronkus. Ini mungkin menjelaskan mengapa minyak peppermint dapat melegakan saluran pernapasan pada orang batuk.

4. Minyak esensial kayu manis

Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu masak. Selain itu, ternyata kayu manis dapat melindungi tubuh dari bakteri yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

5. Minyak esensial pala, bergamot, dan cyprus

Ketiga minyak esensial ini sama-sama mengandung molekul camphene yang dapat membantu mengurangi tenggorokan yang sakit atau mengatasi batuk. Menghirup minyak esensial ini membantu meringankan cairan saluran pernapasan.

6. Minyak esensial thyme

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak esensial thyme dapat digunakan sebagai agen antimikroba untuk saluran pernapasan.

Para peneliti mempelajari thyme dan minyak esensial lainnya untuk menentukan cara terbaik menggunakannya untuk melawan patogen saluran pernapasan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa thyme harus menyebar cepat dalam konsentrasi tinggi untuk waktu yang singkat.

7. Minyak esensial oregano

Minyak esensial oregano mengandung senyawa carvacrol, yaitu agen antimikroba yang bermanfaat untul melawan berbagai jenis bakteri atau virus penyebab batuk. Karena itu, minyak esensial ini dipercaya dapat mengatasi batuk dan masalah pernapasan lainnya.

8. Minyak esensial geranium

Ekstrak geranium dapat membantu mengatasi infeksi di saluran pernapasan bagian atas, termasuk bronkitis. Peneliti mengamati beberapa penelitian yang mengukur efek ekstrak geranium dengan batuk. Hasilnya hampir semua penelitian tersebut menunjukkan hubungan antara penggunaan ekstrak geranium dan menghilangkan gejala batuk.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian tetes cair ekstrak geranium dapat meredakan gejala pilek biasa dan memperpendek durasi penyakit.

Cara menggunakan minyak esensial untuk mengatasi batuk

Minyak esensial dapat digunakan dalam berbagai cara. Minyak dalam bentuk murni sangat kuat dan umumnya memerlukan beberapa jenis pengenceran sebelum digunakan.

Jangan oleskan langsung minyak esensial langsung ke kulit. Campur minyak esensial yang dapat mengatasi batuk dengan minyak pembawa. Biasanya resepnya adalah 3-5 tetes dalam minyak pembawa seperti minyak almond, zaitun, atau minyak kelapa yang dihangatkan.

Metode untuk menerapkan minyak esensial meliputi:

  • Campurkan dengan minyak pembawa untuk aplikasi langsung ke kulit.
  • Tambahkan minyak esensial ke semangkuk air panas untuk menghirup uap.
  • Gunakan diffuser, humidifier, atau botol semprot untuk menyebarkannya ke udara sekitar yang Anda hirup.
  • Campur minyak esensial dengan air dalam bak mandi atau dengan produk spa.
  • Menghirup langsung minyak esensial dari botol, tetapi ini hanya dilakukan untuk waktu yang singkat. Anda tidak boleh menelan minyak esensial. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: