Search
Sabtu 22 September 2018
  • :
  • :

Minggu, KPU Sumut Rekapitulasi Penghitungan Suara

Starberita – Medan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan melakukan penghitungan akhir perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2018 pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di Hotel Polonia Medan, Minggu (8/7/2018).

“Pada saat rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi untuk Pilgubsu 2018 nantinya, kita akan mengundang Pj Gubernur Sumut, Kapoldasu dan sejumlah pejabat dari instansi lainnya,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Sumut Mulia Banurea, kepada wartawan di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Jumat (6/7/2018).

Dijelaskan Mulia, ketika penghitungan rekapitulasi suara selesai, maka hasil berita acara akan diserahkan kepada saksi ataupun perwakilan pasangan calon (Paslon). Setelah itu, akan diberikan waktu 3 x 24 jam bagi para Paslon yang kalah apakah akan melakukan gugatan keberatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atau tidak.

“Sebagai penyelenggara sifatnya menunggu apakah ada dari Paslon di Pilgubsu 2018 ini melakukan gugatan ke MK atau menerima hasil yang nantinya akan kita ketahui bersama,”  ujarnya.

Lebih lanjut Mulia, jika tidak ada gugatan dari Paslon, maka hasil rekapitulasi penghitungan suara akan ditetapkan menjadi hasil akhir.

“Namun, bila ada Paslon yang melakukan gugatan hasil sengketa maka kita akan menunggu sampai hasil putusan MK keluar. Jadi apapun hasil putusan MK itu final dan mengikat, kita akan laksanakan,” cetusnya.

Menurut Mulia, sesuai Peraturan KPU (PKPU), proses di MK berlangsung selama 3 bulan, bila ada putusan yang mengharuskan Pilkada harus diulang, maka pihaknya akan menjalankan putusan tersebut.

Sementara itu, sampai saat ini jumlah surat suara yang masuk dari kabupaten/kota ke kantor KPU Sumut sebanyak 19 daerah. “Dan kita optimis surat suara akan tiba tepat waktu sebelum rekapitulasi rapat pleno,” pungkasnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: