Search
Minggu 22 Juli 2018
  • :
  • :

Walikota Buka Festival Kuliner Kota Medan

Starberita – Medan, Walikota Medan, Dzulmi Eldin, didampingi Ketua TP PKK sekaligus Dekranasda Kota Medan, Rita Maharani, Jumat (6/7/2018) membuka Festival Kuliner Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan yang ditandai dengan pemukulan gong.

Even yang berlangsung 6-8 Juli ini diikuti 120 peserta dengan menghadirkan sekitar 500 aneka menu yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Medan ke-428 tahun 2018.

Selain aneka makanan dan minuman, Festival Kuliner juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti lomba memasak dan demo masak. Disamping itu dilakukan pemecahan Rekor MURI untuk penyajian Bika Ambon terbanyak yang diikuti sekitar 1.100 peserta berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

Dihadapan seribuan masyarakat yang menghadiri acara pembukaan, Walikota, sangat mengapresiasi digelarnya Festival Kuliner tersebut. Sebab, kegiatan itu dinilainya sebagai salah satu bentuk promosi kuliner yang merupakan bagian dari keanekaragaman kuliner yang ada di Kota Medan.

Dikatakan Walikota, perkembangan dunia kuliner saat ini membuat makanan tidak lagi sekedar sebagai pemenuhan kebutuhan pokok tetapi juga merupakan bagian dari  life style (gaya hidup).

“Begitu juga keanekaragaman kuliner yang menghiasi setiap sudut Kota Medan merupakan kekayaan warga Kota Medan dan harus kita kembangkan sebagai ikon pariwisata Kota Medan kedepannya,” kata Walikota.

Melalui Festival Kuliner, Walikota, berharap semakin mempromosikan  kuliner khas Kota Medan yang selama ini terkenal dengan dua citra rasanya yakni enak dan enak sekali.

“Denga digelarnya Festival Kuliner ini, masyarakat maupun para wisatawan dapat menikmati seluruh kuliner yang ada di Kota Medan di Lapangan Merdeka. Selain kuliner khas Kota Medan, pengunjung juga dapat menikmati kuliner dari daerah lain, termasuk kuliner dari luar negeri yang ikut meramaikan Festival Kuliner ini,” ungkapnya.

Usai pembukaan, panitia bersama Tim MURI selanjutnya menyaksikan langsung sekaligus mencatat rekor penyajian terbanyak Bika Ambon. Dalam catatan MURI, Bika Ambon disajikan kepada 1.444 orang pengunjung. “Ini merupakan penyajian  yang terbanyak di Indonesia,” kata Awan Rahargo dari MURI.

Padahal sebelumnya, papar Awan, pihak panitia hanya menargetkan penyajian Bika Ambon untuk 1.000 orang pengunjung saja. “Selamat atas Kota Medan atas keberhasilan ini. Apalagi ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dengan mengangkat kuliner khas Kota Medan yakni Bika Ambon. Semoga ini dapat membantu mempromosikan Medan sebagai salah satu kota kuliner di Indonesia,” harap Awan.

Sebelumnya Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono, melaporkan Festival Kuliner ini merupakan edisi keempat yang digelar sejak  tahun 2015. Tujuannya, untuk mempromosikan sekaligus mengenalkan aneka kuliner di Kota Medan yang selama ini terkenal dengan kelezatannya.

“Ada 120 stand yang mengikuti Festival Kuliner. Dari 120 stand itu, ada sekitar 500 menu baik makanan maupun minuman yang disajikan kepada pengunjung. Tidak hanya warga Medan, para wisatawan juga dapat menikmati sleuruh aneka kuliner yang ada di Kota Medan di tempat ini,” ungkap Agus.

Selain memanjakan lidah pengunjung dengan aneka makanan dan minuman, terang Agus, pihaknya juga akan menghibur dengan menggelar lomba masak dan demo masak. “Untuk demo masak, kita akan mendatangkan Chef Aiko yang akan mempertunjukkan kemampuannya memasak aneka kuliner,” jelasnya.

Festival Kuliner ini mendapat apresiasi warga, salah satunya Amri Satri (38), salah seorang warga Jalan Setia Budi. Pria bertubuh jangkung itu mengaku, kecintaannya terhadap kuliner khas Kota Medan dapat terpuaskan dengan mengunjungi arena Pesta Kuliner di Lapangan Merdeka.

“Jika tidak ada event seperti ini, sulit mendapatkan makanan khas Medan yang benar-benar lezat. Kita berharap agar even ini rutin dilakukan.  Dengan demikian tidak hanya warga Medan, warga luar Medan maupun para wisatawan juga dapat menikmati aneka kuliner Kota Medan yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya,” pungkas Amri. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: