Search
Rabu 26 Juni 2019
  • :
  • :

Minggu Kedua Juli Ini, Gaji Ke-13 ASN Akan Dicairkan

Starberita – Medan, Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sumatera Utara sepertinya akan kembali tersenyum bahagia.

Pasalnya, setelah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439H, saat ini para ASN Pemprovsu pun segera mendapatkan gaji ke-13 pada minggu kedua bulan Juli 2018 ini. Sebagaimana hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provsu, Agus Tripriyono saat ditemui di Medan, kemarin.

“Untuk gaji 13 itu akan kita keluarkan pada minggu kedua bulan Juni ini. Dan seluruh ASN kita (Pemprovsu) akan mendapatkannya,” sebut Agus.

Agus pun menjelaskan, setelah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), ASN atau Pegawai Sipil Negara (PNS) bakal mendapatkan gaji ke-13. Dimana gaji ke 13 ini bakal diberikan kepada seluruh PNS, TNI/Polri di seluruh Indonesia.

“Ya semua akan mendapatkanya, di Pemerintah Provinsi Sumut,” ucapnya.

Untuk THR pada bulan sebelumnya, kata Agus, sudah terselesaikan dengan baik. Oleh karenanya, kali ini pihaknya tengah menunggu proses untuk pencairan gaji ke-13.

“Kita tunggu prosesnya dulu, nanti setelah pengajuan kemari baru akan kita rekap semua. Kemungkinan, paling lambat minggu kedua bulan ini itu sudah dibayarkan,” kata Agus.

Berbeda dengan THR, jelasnya, gaji ke-13 ini diberikan kepada para PNS untuk membantu pembiayaan anak sekolah setelah libur Lebaran dan keperluan lain-lain. Dengan begitu, diharapkan PNS bisa mencukupi kebutuhan di tahun ajaran baru anak sekolah.

Sementara itu, Kepala Bagian Kepegawaian Daearh (BKD) Provsu, Kaiman Turnip mengatakan, bahwa pihaknya belum ada menerima perihal pengajuan untuk gaji ke-13.

“Kita belum mengajukan ke Bagian Keuangan, katanya bulan ini akan dikeluarkan. Jadi kita tunggu isyaratnyalah,” ucap Kaiman.

Lebih jauh Kaiman menjelaskan, seluruhnya jumlah ASN Provinsi Sumut hampir 29 ribu akan mendapatkan haknya atas hasil kinerjanya. Gaji ke-13 ini, katanya, dapat digunakan para PNS untuk meringgankan biaya rumah tangga dan tidak ada keistimewaan dalam yang mendapatkannya. Sebab semua akan mendapatkan dana tersebut.

“Ada 28.800 lebih ASN kita akan mendapatkan gaji ke-13. Biaya ini bisa digunakan mereka untuk meringgankan biaya kebutuhan pokok rumah tangga seperti biaya anak sekolah dan lain-lain,” ungkapnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: