Search
Rabu 19 Juni 2019
  • :
  • :

Guys, Ini Beda Sakit Tenggorokan dengan Sakit Amandel

Starberita – Jakarta, Kata siapa sakit tenggorok itu sakit amandel? Perlu Anda ketahui, dua penyakit itu ternyata berbeda. Walau keduanya sama-sama berada di tenggorokan.

Jika Anda sering mengeluh sakit tenggorok, mulai sekarang Anda harus lebih perhatian dengan tubuh Anda sendiri. Sebab, salah diagnosa bisa berbahaya efeknya. Ketika Anda sudah merasa sulit untuk menelan, segera lah mengambil cermin dan tengok bagian dalam mulut Anda.

Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis THT dr Syahrial M Hutauruk, coba lihat bagian dalam tenggorokan dengan menjulurkan lidah keluar dan lihat ujung mulut. “Apakah bagian sekitar tenggorok itu memerah nyala atau sampai ada pembengkakan di sisi kanan dan kiri rongga mulut,” terangnya.

Dia mrlanjutkan, perbedaan yang mendasar dari sakit tenggorok dengan sakit amandel terletak di pembengkakan tersebut. Kemudian, bisa dijelaskan juga sakit tenggorok biasanya tidak melulu disertai pembengkakan amandel. Tapi, ketika Anda sakit amandel, biasanya jaringan sekitar tenggorok pun infeksi.

“Kondisi terparah adalah munculnya lingkar putih di sekitar rongga mulut dan itu harus segera dibersihkan,” paparnya.

Sebab, putih-putih pada bagian tenggorok itu merupakan bakteri atau jamur yang membuat badan menjadi demam. Ketika bakteri itu belum bisa hilang, maka penyakit pun sulit untuk dikendalikan.

“Sebisa mungkin untuk mengobati penyakit ini. Sebab, bisa berbahaya kepada bagian tubuh lainnya. Yang paling terasa adalah penurunan berat badan karena nafsu makan yang menurun drastis,” pungkasnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: