Search
Sabtu 8 Agustus 2020
  • :
  • :

Ini 8 Manfaat Lengkuas

Starberita – Jakarta, Lengkuas merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan Nusantara. Tahukah Anda? Selain mampu memperkuat rasa dan aroma masakan, lengkuas ternyata juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Di Tiongkok, lengkuas atau juga dikenal dengan laos, digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pernapasan, termasuk sakit tenggorokan dan batuk.

Berikut ini manfaat lain lengkuas.

  1. Mengusir rematik
    Para leluhur kita biasa menggunakan bahan tradisional untuk obat-obatan. Menurut dr. Maya, ada penelitian yang menemukan bahwa lengkuas mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi pegal-pegal.
  2. Meningkatkan libido dan keperkasaan pria
    Lengkuas mampu meningkatkan aliran darah di sekitar panggul. “Kalau aliran darah lancar, berarti ada kaitannya dengan libido,” kata dr. Maya.

Komponen aktif di dalam laos juga berefek terhadap sperma, yaitu memengaruhi kualitas dan kuantitasnya menjadi lebih baik. Namun ini berlaku untuk penggunaan lengkuas dalam bentuk ekstrak. Jumlah yang dianjurkan per hari, yaitu 60 – 100 gram.

  1. Menghilangkan panu dan penyakit kulit lainnya
    Zat aktif dalam lengkuas berkhasiat anti fungi atau jamur. Panu biasanya disebabkan karena jamur sehingga dapat dibasmi oleh lengkuas.
  2. Mengurangi peradangan di pencernaan
    Lengkuas mengandung antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Namun, perlu dicatat bahwa sifatnya hanya meredakan, bukan menyembuhkan.
  3. Mengatasi ketombe
    Ketombe yang disebabkan oleh jamur bisa dibasmi dengan lengkuas. Penggunaannya bisa langsung digosokkan ke kulit kepala.
  4. Menurunkan risiko kanker
    Sudah dibuktikan bahwa lengkuas selain mengandung antiinflamasi juga memiliki zat antioksidan galanoflavonoid yang aktif mencegah pertumbuhan kanker.
  5. Lengkuas mencegah penuaaan dini
    Di dalam lengkuas terdapat zat antiageing yang memperlambat penuaan.
  6. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut
    Manfaat lengkuas ternyata juga untuk melebatkan rambut. dr. Maya menyarankan penggunaan yang kontinyu agar efeknya maksimal.

Untuk memperoleh manfaat lengkuas, dapat dikonsumsi sebagai tambahan bumbu masakan sehari-hari. Akan lebih baik jika digabungkan dengan bahan-bahan makanan lain, seperti sayur dan buah-buahan. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: