Search
Kamis 21 Juni 2018
  • :
  • :

Rutin Minum Air Kelapa Muda Saat Buka Puasa, Tubuh akan Alami Ini

Starberita – Jakarta, Selama puasa air kelapa muda jadi andalan banyak orang untuk berbuka. Di samping itu, air kelapa punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Buktikan saja, buka puasa dengan air kelapa nikmatnya tiada tara. Rasa haus sirna begitu saja saat air penuh elektrolit ini membasahi tenggorokan.

Ahli Gizi Joo Lewin pun membeberkan ragam manfaat dari air kelapa muda. Dia menjelaskan, air kelapa muda cairan bening yang ditemukan di dalam batoknya yang berwarna hijau.

Dalam 100 ml air kelapa segar yang diekstraksi mengandung sekira 2,7 miligram gula alami. Maka tak heran, jika Anda minum air kelapa dan tak menambahkan gula, rasanya sudah sedikit manis.

Lebih lanjut, Anda harus tahu berbagai manfaat air kelapa yang cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Air kelapa juga mengandung beberapa kalium, yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi tulang dan otot yang baik. Karenanya, sejak muda Anda harus rajin minum air kelapa untuk menghindari sejumlah masalah penyakit jantung mematikan.

  1. Turunkan berat badan

Air kelapa adalah minuman yang relatif rendah kalori dibandingkan dengan minuman bersoda manis atau jus kemasan. Maka diklaim air kelapa bisa menurunkan berat badan Anda. Seperti catatan NHS, ada beberapa hal yang dapat Anda rasakan saat minum air kelapa, yakni merangsang metabolisme jadi lebih baik. Tak cuma airnya, daging kelapanya yang lembut juga bisa dimakan dan sangat mengenyangkan. Kelapa kaya nutrisi yang bisa dimanfaatkan untuk diet penurunan berat badan.

  1. Minuman elektrolit alami

Bagi para atlet lebih disarankan minum air kelapa dibandingkan konsumsi minuman isotonik. Sebab, minuman ini mengandung elektrolit dan glukosa alami yang bisa membangkitkan energi dalam tubuh. Dengan minum air kelapa, Anda juga mampu rehidrasi tubuh yang telah kehilangan banyak energi usai membakar kalori.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Air kelapa diklaim karena kandungan potasiumnya. Begitu juga dengan kandungan kalium telah terbukti menangkal risiko tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus perbanyak minum air kelapa untuk mengurangi risiko hipertensi dalam jangka panjang.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian kecil dilakukan pada tikus yang menunjukkan bahwa air minum kelapa dapat menurunkan kolesterol. Peneliti juga menyebutkan, efeknya akan sama dengan manusia. Bagi orang yang sudah memasuki usia senja sangat penting konsumsi air kelapa, sebab khasiatnya dapat mengontrol kolesterol yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung nantinya.

Karena sudah tahu lima manfaat yang telah dibeberkan tersebut, jangan lagi ragu sering-sering minum air kelapa muda. Coba deh nanti saat bedug Maghrib tiba, teguknya segelas air kelapa segar ditambah sedikit es. Jika ingin manis, Anda bisa menambah gula, tapi jangan berlebihan ya! (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: