Search
Kamis 21 Juni 2018
  • :
  • :

Ini Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia

Starberita – Jakarta, Tidur diperlukan untuk memulihkan tubuh setelah seharian bekerja. Dan tidur yang sehat sangat penting untuk mengistirahatkan dan memulihkan tubuh.

Biasanya, orang berpikir bahwa waktu tidur cukup 7-8 jam, namun itu tidak berlaku untuk semua kasus. Sebab, jika kebutuhan tidur ini kurang, akan memengaruhi kesehatan tubuh, seperti mudah lelah, depresi, perubahan fungsi hormon, kurang konsentrasi, gangguan jantung, hingga diabetes.

Bahkan kurang tidur juga bisa memengaruhi kondisi tubuh dan penampilan, seperti berat badan naik, lingkaran hitam di bawah mata hingga masalah penuaan dini. Namun tuntutan pekerjaan akhirnya membuat orang hanya memiliki waktu tidur balas dendam di akhir pekan.

Untuk itu, mari cari tahu seberapa lama waktu tidur yang ideal sesuai usia.

Untuk bayi usia 0 hingga 3 bulan, diperlukan waktu tidur selama 14 hingga 17 jam. Bayi usia 4 hingga 11 bulan butuh waktu tidur 12 hingga 15 jam. Bayi di bawah tiga tahun (batita), usia 1 hingga 2 tahun diperlukan 11 hingga 14 jam, 3 hingga 5 tahun selama 10 hingga 13 jam.

Untuk anak usia sekolah, mulai 6 hingga 13 tahun diperlukan waktu tidur selama 9 hingga 11 jam. Remaja usia 14 hingga 17 tahun sekitar 8 hingga 10 jam. Dewasa muda dengan rentang usia 18 hingga 25 tahun selama 7 hingga 9 jam. Sementara dewasa usia 26 hingga 64 tahun butuh tidur antara 7 hingga 9 jam dan usia 65 tahun ke atas diperlukan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam.

Penting untuk diperhatikan adalah kualitas dan durasi waktu tidur. Ingat bahwa orang harus terjaga saat siang dan tidur di malam hari. Jika merusak skema ini, kualitas tidur akan bermasalah. Selain itu, usahakan untuk bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari, jangan minum minuman tonik sebelum tidur, dan jangan makan berlebih saat malam.

Kebiasaan lainnya yang perlu diperhatikan adalah, jangan menggunakan gadget sebelum tidur, dan matikan seluruh perangkat listrik di malam hari. Pilih kasur dan ciptakan kondisi kamar tidur yang nyaman. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: