Search
Rabu 24 Oktober 2018
  • :
  • :

Ini Aturan Sehat Minum Jus untuk Penderita Diabetes

Starberita – Jakarta, Selain karena mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh, jus juga memiliki segudang lain manfaat kesehatan. Namun, apakah jus buah bisa memberikan banyak manfaat yang sama untuk penderita diabetes? Adakah jus untuk diabetes yang perlu dikonsumsi rutin? Ataukah sebaliknya, apakah orang yang mengidap diabetes harus mengurangi konsumsi jus buah?

Manfaat kesehatan jus buah

Dengan minum jus buah, Anda mendapatkan manfaat dari buah seperti vitamin, mineral dan nutrisi lain yang ada padanya. Minuman ini juga terkenal dapat mengurangi risiko terkena kanker, meningkatkan sistem imun tubuh, membantu menarik keluar racun yang ada di dalam tubuh atau detoksifikasi, membantu kelancaran saluran pencernaan dan membantu mengurangi berat badan berlebih.

Walaupun begitu, tidak semua jus bisa mendapatkan keseluruhan manfaat dari buahnya karena adanya proses pengolahan. Misalnya, seperti yang Anda telah ketahui di buah terdapat cukup banyak serat atau fiber. Serat akan hilang ketika melewati proses pembuatan jus. Dengan kata lain, Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari jus lewat seratnya. Padahal, serat sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan.

Bolehkah penderita diabetes minum jus?

Pada dasarnya, seperti yang telah dijelaskan di atas, jus buah mengandung banyak sekali manfaat kesehatan. Namun, bagi Anda yang mengidap diabetes, jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan.

Jika Anda ingin minum jus, jus sayuran adalah pilihan yang lebih sehat karena relatif rendah karbohidrat dibandingkan jus buah. Bila Anda khawatir rasanya tidak begitu enak, Anda bisa membuat campuran jus buah dan sayuran untuk rasa yang lebih nikmat dan kalori yang tidak setinggi jus yang hanya mengandung buah.

Agar lebih sehat lagi, pilihlah buah yang kaya antioksidan dan membantu melawan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pada orang dengan diabetes. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasi pada Januari 2010 di Nutrition Journal, buah-buah yang kaya antioksidan adalah buah delima, cranberry, dan anggur.

Namun perlu diingat juga, meskipun jus sayuran maupun jus buah-sayur mengandung kalori yang rendah, Anda tetap harus mempertimbangkannya dalam hitungan kalori harian Anda. Untuk itu hindari konsumsi jus buah dengan tambahan gula. Jika Anda merasa jus untuk diabetes yang Anda minum kurang manis, Anda bisa menambahkan pemanis khusus diabetes yang rendah atau tanpa kalori pada jus Anda. Anda tetap mendapatkan rasa manis, namun tanpa meningkatkan kadar gula darah Anda.

Imbangi juga penambahan kalori Anda dengan aktivitas fisik dan hindari pola hidup yang sedenter untuk menghindari terjadinya obesitas dan mencegah komplikasi diabetes. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat diabetes atau insulin sesuai dengan resep dokter dengan rutin. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: