Search
Senin 19 November 2018
  • :
  • :

Anda Wajib Tahu Tentang Fakta & Mitos Seputar Susu

Starberita – Jakarta, Minum susu dianggap sebagai salah satu kebiasaan yang menyehatkan. Bahkan, menurut mitos yang beredar, minuman bercita rasa gurih ini dipercaya dapat menambah tinggi badan.

Untuk mengetahui kebenarannya, yuk simak dulu fakta dan mitos seputar susu yang wajib Anda ketahui.

Menguatkan tulang

Salah satu mitos yang berkembang mengenai susu adalah rumor bahwa minuman ini dapat membantu menguatkan tulang.Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, susu ternyata tidak dapat mencegah patah tulang atau osteoporosis. Sutdi lain juga mengungkapkan, semakin banyak pria yang mengonsumsi susu saat remaja, semakin besar pula kemungkinan mengalami patah tulang saat dewasa.

Menurunkan berat badan

Banyak iklan komersial yang menggambarkan bahwa meminum susu secara rutin sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Ini berbanding terbalik dengan penelitian yang dilakukan oleh Physicians Committee pada tahun 2005 lalu. Mereka bahkan mengajukan petisi untuk menghentikan kampanye menyesatkan yang dilakukan oleh sejumlah produsen susu. Upaya mereka ternyata membuahkan hasil. Pemerintah Amerika Serikat kini melarang para produsen susu kemasan untuk membuat iklan yang diklaim dapat menurunkan berat badan.

Anak-anak membutuhkan susu agar sehat

Setelah bayi mendapatkan ASI ekseklusif dan formula selama kurang lebih 2 tahun, mereka sebetulnya tidak lagi memerlukan jenis susu apa pun untuk tumbuh kembangnya. Konsumsi susu selama masa kanak-kanak bahkan telah dikaitkan dengan penyakit kolik dan diabetes tipe 1. Studi lain juga tidak menemukan bukti bahwa susu rendah lemak memainkan pera apa pun dalam mencegah obesitas.

Menyehatkan jantung

Susu dan produk dairy lainnya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang memicu penyempitan arteri. Susu juga mengandung kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang menjadi ‘pembunuh’ utama di Amerika dan sejumlah negara, termasuk Indonesia. (sbc-02/okz)

 

 

 

 

 




Tinggalkan Balasan