Search
Kamis 21 Juni 2018
  • :
  • :

5 Jenis Kanker Ini Bisa Diobati dengan Imunoterapi

Starberita – Jakarta, Imunoterapi merupakan terapi biologis yang membantu tubuh meningkatkan pertahanan alaminya dalam melawan kanker. Ia digadang-gadang sebagai harapan baru bagi penderita kanker. Staf pengajar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/ RSCM Jakarta, Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD, KHOM, menerangkan bahwa imunoterapi memiliki tujuan yang sama dengan terapi kanker sebelumnya, yaitu terapi target.

Ia menyasar langsung sel kanker. Hanya, imunoterapi memiliki konsep yang sedikit berbeda yakni memberi kesempatan kepada sel kekebalan tubuh lebih aktif melawan kanker. “Saat ini aplikasi imunoterapi sudah terbukti efektif pada penderita kanker paru dan kanker kulit. Kini kami mulai menerapkannya pada kanker ovarium, kanker lambung, dan kanker pankreas,” terang Andhika.

Studi klinis terbaru menunjukkan hasil menggembirakan di mana angka kesintasan meningkat lebih dari enam bulan dengan efek samping minimal. Dengan demikian pasien diharapkan memiliki harapan hidup lebih panjang, meski kanker tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Masalahnya, biaya untuk imunoterapi masih sangat mahal. Karenanya Andhika berharap imunoterapi bisa masuk dalam skema BPJS dalam waktu dekat.

“Masih banyak jenis kanker yang bisa diujicobakan dengan terobosan imunoterapi ini setelah sukses pada kanker kulit, paru, dan rahim. Sayangnya, saat ini untuk satu siklus imunoterapi membutuhkan biaya 60 juta rupiah dikalikan 8 sesi, hasilnya bisa seharga satu rumah. Sementara angka kejadian kanker belakangan semakin tinggi. Semoga pemerintah bisa menemukan solusi untuk masalah ini,” pungkas Andhika. (sbc-02/auc)

 




Tinggalkan Balasan

error: