Search
Kamis 21 Juni 2018
  • :
  • :

Perda No. 14/2016 Disosialisasikan, Limbah Masyarakat akan Dikelola Menjadi Pupuk

Starberita – Medan, Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Golkar, Mulia Asri Rambe, menyebutkan dalam beberapa tahun kedepan limbah rumah tangga milik masyarakat Kota Medan akan diolah menjadi hal yang lebih bermanfaat.

“Selama ini limbah rumah tangga dianggap sebagai kotoran. Kedepan, Pemko Medan akan mengelola itu, bisa jadi pupuk kompos dan hal lain yang lebih bermanfaat,” terang Mulia Asri Rambe ketika mensosialisasikan Perda No. 14 tahun 2016 tentang pengelolaan air limbah domestik di kediamannya Komplek Bank 89, Titi Papan, Medan Deli, Selasa (12/6/2018).

Hasil limbah yang diolah itu, kata pria yang akrab disapa, Bayek, itu akan dijual kembali oleh Pemko Medan untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Nanti, didepan rumah warga itu akan dipasang pipa, memang ada biayanya, tidak banyak hanya Rp3.000/rumah. Kalau hotel, restoran tentu dikenakan biaya yang lebih besar,” tambahnya.

Menurutnya, dengan dikeluarkannya Perda No. 14/2016 itu  maka masyarakat Kota Medan nantinya akan mendapat jaminan atas pelestarian kesehatan lingkungan. 

“Pemerintah wajib untuk melindungi warganya dari dampak bahaya lingkungan yang disebabkan akibat pencemaran air limbah domestik,” tuturnya. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: