Search
Kamis 21 Juni 2018
  • :
  • :

Kementerian ESDM: Stok BBM Untuk Pemudik Aman

Starberita – Jakarta, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi menuturkan terjadi peningkatan penyaluran BBM, khususnya jenis premium, menjelang Lebaran 2018. “Pasokan BBM untuk pemudik normal dan stoknya dalam kondisi aman,”ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (12/6/2018).

Penyaluran premium, kata Agung, mencapai 38.865 kiloliter, kemudian Pertalite 52.841 kiloliter, Pertamax 22.190 kiloliter dan Pertamax Turbo 838 kiloliter. Sementara itu konsumsi Pertamina Dex 529 kiloliter, Solar 65.347 kiloliter, Dexlite 1.382 kiloliter, dan Avtur 17.193 kiloliter. Untuk minyak tanah (kerosene) realisasinya sebesar 1.744 kiloliter.

Agung menjelaskan kondisi ketahanan BBM dalam kondisi normal untuk semua jenis. Untuk penyediaan BBM pada puncak arus mudik, disediakan 109 mobil tangki kantong dan 32 mobil dispenser Pertamina, juga 71 Kios Pertamax dan 3 Kios Kemasan AKR, 200 motoris kemasan, dan pemanfaatan tol fungsional hingga penyediaan tambahan 571 SPBU yang kembali menjual Premium di Jawa Madura dan Bali (Jamali).

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menyatakan akan mengevaluasi pasokan premium berdasarkan tingkat konsumsi masyarakat. Ia berkeliling ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk melihat langsung penggunaan premium dan pertalite di masyarakat.

Jonan dan Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M Fanshurullah Asa mengunjungi pompa bensin di Jalan Kaliurang Kilometer 11,5, Yogyakarta. Menurut Jonan, Pertamina menyuplai premium di 1.519 SPBU dari sebelumnya 571 SPBU di Jawa, Madura dan Bali. Dia menargetkan nantinya pasokan premium akan ditambah di 2.090 SPBU.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan BPH Migas siap memastikan pasokan premium sesuai penugasan pemerintah. “Kalau memang permintaan premium sedikit tentu kita juga akan evaluasi seperti disampaikan Menteri ESDM,” katanya.

Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina Mas`ud Khamid mengatakan dalam mengantisipasi mudik dan balik Lebaran 2018 akan meningkatkan pasokan premium ke sejumlah SPBU.

Secara nasional ada tambahan premium sebesar 25 persen, khusus untuk Jawa Tengah tambahan 30-35 persen. Pertamina juga menyediakan premium di jalan tol fungsional dengan menyediakan BBM Kios, Kantong BBM, dan 300 motor keliling yang jual kemasan premium. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan

error: