Search
Senin 22 Oktober 2018
  • :
  • :

Untuk Pencegahan, Kenali 3 Jenis Sariawan Ini

Starberita – Jakarta, Tidak ada orang yang senang mendapatkan sariawan di mulutnya. Bagaimana tidak, luka di mulut itu dapat menghambat aktivitas seperti berbicara dan memakan sesuatu. Namun tahukah Anda tidak semua luka di mulut itu disebut sariawan?

Sariawan adalah penyakit yang menyerang jaringan mukosa pada mulut dan bisa sembuh sendiri dalam waktu 2-4 minggu. Sariawan memiliki tanda khas yaitu terlihat seperti kawah, berbentuk oval atau bulat, pinggirannya berwarna merah karena menunjukkan ada peradangan, dasar luka berwarna putih kekuningan, dan timbulnya rasa nyeri. Luka lain di mulut yang tidak memiliki kelima tanda tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai sariawan.

“Luka di mulut itu banyak banget. Bentuknya pun bervariasi dan riwayatnya patut dipertanyakan karena tidak semua disebut sariawan,” ungkap Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD saat ditemui dalam sebuah acara baru-baru ini di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Selain memiliki tanda yang khas, sariawan juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu minor, mayor, dan herpetiform.

Pada sariawan minor, luka yang terbentuk ukurannya kurang dari 10 mm. Ciri lainnya adalah tidak ada jaringan parut dan tidak berkeratin. Sariawan ini biasanya terjadi di pipi, bibir, dan dasar mulut. Lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh kira-kira 2 minggu.

Selanjutnya ada sariawan mayor. Sesuai dengan namanya, tentu saja ukuran luka pada sariawan ini lebih besar yaitu lebih dari 10 mm. Namun jangan khawatir, sariawan ini jarang terjadi atau jarang terulang. Ciri lain dari sariawan minor adalah ada bersama dengan jaringan parut dan bisa muncul di semua area mulut. Waktu untuk penyembuhannya sekira 3-4 minggu.

Terakhir adalah sariawan herpetiform. Pada sariawan ini luka yang muncul kecil-kecil (kurang dari 2 mm) namun banyak dan biasanya akan berdekatan atau membentuk bulatan. Herpetiform mirip dengan penyakit herpes dan harus diwaspadai. Sebab bila sariawan jenis ini muncul disertai demam bisa jadi gejala penyakit lain. Sebaliknya, bila luka sembuh dalam waktu dua minggu maka itu adalah sariawan. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: