Search
Senin 10 Agustus 2020
  • :
  • :

Rajin Minum Air Rebusan Jahe, Tubuh akan Alami Ini

Starberita – Jakarta, Aroma jahe yang khas dan khasiatnya yang telah lama diketahui oleh masyarakat Indonesia, membuat jahe tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, tapi juga obat herbal.

Namun, sayangnya tidak semua orang mengetahui manfaat jahe yang sebenarnya. Selain itu, masyarakat khususnya generasi muda tidak mengerti cara mengolah jahe untuk dijadikan air jahe, yang punya banyak manfaat bagi kesehatan

Berikut manfaat air jahe bagi kesehatan dan cara membuatnya.

Memperbaiki sirkulasi darah

Meminum jahe dalam keadaan perut kosong adalah kebiasaan baik yang dapat memperbaiki sirkulasi darah saat Anda mengalami masalah. Kandungan magnesium, seng, dan potasiumnya membantu mengatur proses peradangan yang sering menyebabkan masalah pada sirkulasi darah. Selain itu, air jahe juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi kesehatan jantung.

Menyehatkan pencernaan

Orang yang rutin mengonsumsi air jahe setiap pagi cenderung akan lebih sedikit memiliki masalah gangguan pencernaan dan sembelit. Hal tersebut karena jahe mengandung sedikit serat, nutrisi yang memfasilitasi gerakan usus yang sehat untuk membersihkan tubuh dari kotoran.Manfaat alami jahe lainnya, di antaranya membantu mengontrol kelebihan asam lambung dan penumpukan gas di usus.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi air jahe setiap hari adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi yang meningkatkan respons kekebalan tubuh. Kebiasaan baik ini mampu merangsang produksi antibodi yang melawan efek berbahaya mikroorganisme dan bakteri.Minum air jahe dalam keadaan perut kosong bahkan dapat mencegah infeksi saluran kemih, batuk dan pilek, flu, infeksi vagina, dan penyakit autoimun.

Meredakan nyeri sendi

Jahe telah digunakan sebagai obat alami untuk otot dan nyeri sendi selama ratusan tahun.Kandungan gingerolnya memiliki efek anti inflamasi dan analgesik yang mengurangi rasa sakit.

Membantu mencegah kram

Orang yang rentan mengalami kram otot bisa menjalani pengobatannya secara alami dengan minum air jahe.Kandungan zat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur tingkat elektrolit tubuh Anda dan mencegah kram.

Mencegah penuaan dini

Berkat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi, air jahe adalah minuman yang sempurna untuk melawan efek negatif radikal bebas.Zat-zat ini mampu menghambat kerusakan sel dan mencegah penyakit kronis, seperti kanker, alzheimer, dan radang sendi.Air jahe juga bisa membantu detoksifikasi tubuh, sehingga efeknya bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Adapun cara membuat air jahe di rumah, mula-mula siapkan bahan, seperti satu sendok makan jahe yang diparut sekira 10 gram, 3 gelas air sekira 750 mililiter, setengah buah perasan air lemon, dan 1 sendok makan madu organik sekira 25 gram.

Cara membuatnya, pertama parut jahe sampai mendapatkan satu sendok makan, masukkan ke dalam panci campur dengan 3 gelas air. Didihkan selama 15 menit dengan api kecil, tambahkan perasan air lemon. Kemudian angkat dan sajikan dengan dicampur madu untuk mendapatkan rasa manis. Minumlah satu gelas air jahe dalam keadaan perut kosong, ulangi sebanyak tiga kali sehari jika menginginkan manfaat yang maksimal. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: