Search
Kamis 21 Juni 2018
  • :
  • :

Jelang Mudik, Jonan Pastikan Ketersediaan BMM

Starberita – Jakarta, Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium yang terjadi beberapa waktu lalu menjadi perhatian serius Menteri ESDM Ignasius Jonan. Saat berkunjung ke Yogya menjelang arus mudik, ia kembali memastikan ketersediaan BBM jenis premium di SPBU dan seberapa besar kebutuhan masyarakat terhadap premium.

“Ini cuma mau lihat saja, premiumnya tersedia tidak di sini. Karena (premium) ditambah di 571 SPBU seluruh Jawa Madura Bali, mungkin sekarang separuh, mudah-mudahan besok sore sudah penuh tambah 571 SPBU dari 1.519. Jadi nanti kira-kira (tahun) 2019 SPBU seluruh Jawa Madura Bali ada premiumnya,” kata Jonan di Yogyakarta, kemarin.

Dalam kunjungan di salah satu SPBU di Jalan Kaliurang Yogyakarta, Jonan menyempatkan berbincang dengan para pengendara motor yang mengisi BBM.

“Sepintas saya lihat pengguna sepeda motor banyak yang beli pertalite daripada premium,” ujarnya.

Jonan mengaku saat ini pasokan premium tiap SPBU sekitar 8.000 liter. Ke depan pihaknya akan mengevaluasi melihat kebutuhan masyarakat di lapangan.

“Kalau masyarakat masih membutuhkan premium akan kami sediakan. Namun kalau animo rendah akhir bulan ini akan kami evaluasi,” terangnya.

Sementara itu, untuk pasokan BBM selama Lebaran 2018, Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid, mengatakan secara nasional ada tambahan 25 persen, dan untuk Jawa Tengah tambahan pasokan mencapai 30-35 persen.

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM saat arus mudik terutama di jalur non-SPBU, Pertamina menyiagakan kantong-kantong BBM, penjualan BBM kemasan, dan 200 sepeda motor pengangkut BBM.

“Imbauan ke masyarakat, sebelum masuk ke jalan tol, diisi penuh BBM-nya, mengantisipasi arus lalu lintas macet,” ujarnya. (sbc-03/vnc)




Tinggalkan Balasan

error: