Search
Rabu 17 Oktober 2018
  • :
  • :

BI: Penukaran Uang Baru Capai Rp187,8 T

Starberita – Jakarta, Bank Indonesia mencatat penukaran uang yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan diri merayakan Lebaran telah mencapai Rp187,8 triliun. BI menyiapkan uang baru senilai Rp188,2 triliun pada musim Lebaran tahun ini.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, jika dijabarkan berdasarkan wilayahnya, penukaran uang terbesar terjadi di wilayah Jabodetabek, atau mencapai 42,9 persen. Kemudian diikuti oleh wilayah Sumatera Utara dan Aceh yang masing masing mencapai 19,3 persen.

“Kemudian kami lihat bagaimana sekarang posisi hari terakhir, yang mana hari di minggu kritikal untuk penukaran uang,” ungkap Rosmaya saat ditemui di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Rosmaya mengatakan, persiapan BI sudah tepat untuk mengantisipasi keperluan penukaran uang pada Ramadan tahun ini. Apalagi adanya libur Lebaran yang lebih panjang dari tahun sebelumnya, maupun adanya pemberian THR dan gaji ke-14 yang meningkat nominalnya.

“Jadi biasanya kami setiap tahun, persediaan uang menjelang Idul Fitri kami naikkan 13,9 persen. Tetapi tahun ini (naik) 15,3 persen, jadi dari tahun lalu Rp163,2 triliun sekarang Rp188,2 triliun. Kami naikkan lebih tinggi dari biasanya dalam lima tahun terakhir karena kami antisipasi,” ucapnya. (sbc-03/vnc)




Tinggalkan Balasan

error: