Search
Kamis 22 November 2018
  • :
  • :

Pemerintah Sepakat Subsidi BBM Rp2 Ribu/Liter

Starberita – Jakarta, Pemerintah telah menyepakati tambahan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk PT Pertamina (Persero) menjadi Rp2.000 per liter. Tambahan subsidi mempertimbangkan selisih kenaikan harga minyak dunia yang terus merangkak dengan Indonesian Crude Price (ICP) yang ditetapkan sebesar USD48 per barel pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Kemarin keputusannya adalah kenaikan sebesar Rp1.000 per liter menjadi Rp2.000 per liter,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Tambahan tersebut sesuai dengan usulan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengusulkan subsidi solar ditambah Rp1.500 menjadi Rp2.000.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut besaran tambahan subsidi diyakini bisa menambah kekuatan kinerja keuangan Pertamina yang selama ini cukup tertekan dengan adanya kenaikan minyak mentah dunia.

“Itu akan cukup memadai dikombinasikan dengan langkah yang dilakukan oleh Menteri ESDM dan Menteri BUMN di mana Pertamina melalui beberapa blok produksinya bisa mendapatkan tambahan penerimaan,” kata dia.

Setelah pemerintah sepakat untuk menambah subsidi BBM, Sri Mulyani menyebut saat ini pemerintah tengah berencana untuk menambah subsidi listrik kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sebab, akan ada tambahan pelanggan golongan subsidi 450 VA sebanyak 1 juta pelanggan.

Sri Mulyani menyebut, teknis subsidi listrik ini akan disampaikan pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam waktu dekat.

“Mekanismenya akan kami sampaikan di laporan semester kepada dewan. Pak Jonan (Menteri ESDM) juga sudah sampaikan ke Komisi VII,” kata dia. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan