Search
Kamis 9 April 2020
  • :
  • :

Sering Nyeri Saat Buang Air Kecil? Waspada Penyakit Ini

Starberita – Jakarta, Rasa nyeri saat buang air kecil jangan pernah disepelekan, selain karena  memicu tidak nyaman nyeri saat buang kecil bisa menjadi pertanda ada penyakit serius yang sedang Anda idap.

Permasalahan ini sendiri ternyata sering dialami banyak orang dan mirisnya banyak dari mereka menyembunyikan atau tidak memeriksakan diri sesegera mungkin. Penyebabnya sangat sepele, karena malu hingga takut.

Nah jika anda sering mengalami nyeri, hingga rasa terbakar saat buang air kecil jangan pernah disepelakan, karena pemicunya bisa dari salah satu dari tiga penyakit dibawah ini.

1. Batu Ginjal

Batu ginjal yang keluar melalui urin merupakan hal wajar, namun efek dari proses ini akan menyakitkan jika ukuran batu ginjal anda cukup besar. Ukuran batu ginjal juga beraga, dari sepertu butiran pasir, garam hingga sebiji jagung. Tentu semakin besar ukurannya dampak nyerinya akan sangat terasa.

Batu ginjal sendiri terbentuk akibat kelebihan senyawa tertentu seperti asam oksalat, asam urat, hingga garam. Nah jika anda alami nyeri saat buang air kecil sebaiknya waspada sedini mungkin untuk mencegah hal yang lebih buruk.

2. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih juga bisa memicu nyeri dan rasa tidak nyaman saat buan air kecil, infeksi saluran kemih sendiri terjadi di mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra. Penyebabnya sebagian besar adalah bakteri yang terakumlasi di saluran kemih tersebut. Kebiasaan menahan kencing adalah satu peneyebab bakteri berkembang secara baik dan banyak di saluran kemih Anda, nah untuk itu hindari kebiasaan ini.

3. Infeksi Menular Seksual

Nyeri saat buang air kecil juga bisa disebabkan oleh penyakit infeksi menular seksual. Penyakit ini dianataranya adalah herpes gonore, dan klamidia. Penyakit-penyakit ini sendiri dipicu oleh kebiasaan buruk seperti berhubunagn tanpa pengaman, berhubungan dengan banyak pasangan, hingga perilaku menyimpang. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: