Search
Rabu 20 Juni 2018
  • :
  • :

Benarkah Kolang-kaling &Kompres Air Hangat Ampuh Sembuhkan Pengapuran Sendi?

Starberita – Jakarta, Di masyarakat banyak beredar isu yang kadang benar kadang juga mesti diuji kembali kebenarannya. Mitos semacam ini memang sudah sepatutnya disikapi dengan cerdas.

Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat adalah kolang kaling mampu menyembuhkan pengapuran sendi yang sampai sekarang belum ada obat pastinya.Lalu, bagaimana dokter menjawab mitos ini?

Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Dr. Siti Anissa Nuhonni, SpKFR (K), menyebutkan mitos ini memang berkembang besar di masyarakaf kita.Tapi, hal yang mesti diperhatikan di sini adalah sampai detik ini belum ada fakta ilmiah yang bisa menjawab mitos tersebut.

“Mitos ini muncul ketika ada pasien pengapuran sendi memberikan testimoni dan setelah itu diketahui pasien lain dan terjadilah kepercayaan yang keliru,” papar Dr. Nuhonni.

Dr. Nuhonni melanjutkan, memang tidak dipungkiri, pada bebeapa pasien pengapuran sendi, mereka merasa lebih baik kondisi sendinya setelah mengonsumsi kolang kaling.Tapi, hal itu tidak kemudian menjadi sebuah kebanaran yang diamini semua orang.Sebab, tidak sedikit juga yang kemudian pasien pengapuran sendi tidak mendapatkan manfaat kolang kaling dan kemudian mempertanyakan khasiat tersebut.

“Sekali lagi, saya jelaskan bahwa sampai sekarang ini tidak ada bukti ilmiah yang bisa menjelaskan kolang kaling itu bisa menyembuhkan pengapuran sendi.Jika ada pasien yang merasa baikan, ya, disyukuri. Sementara itu, jika pasien lain masih mempertanyakan keakuratan mitos tersebut, sebaiknya tetap pada pengobatan medis yang sedang dijalani,” tambahnya.

Sementara itu, apakah kompres air hangat bisa menyembuhkan masalah pengapuran sendi?

Dr. Nuhonni pun coba menjawabnya.Menurut dia, itu merupakan efek menenangkan yang bagus untuk sendi tulang.Tapi, bukan obat yang bisa dipercaya mengobati pengapuran sendi.

“Saat kaki Anda dikompres air hangat, perasaan rileks dan efek menenangkan itu yang kemudian dimaknai sebagai “penyembuh” yang terjadi bukan sama sekali. Kompres air hangat memang diperbolehkan, tapi bukan sebagai treatment pengobatan yang bisa menyembuhkan,” papar dr. Nuhonni. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: