Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Meski Kurang Tidur Malam, Ini 5 Kiat Tubuh Bugar Sepanjang Hari
Search
Rabu 13 November 2019
  • :
  • :

Meski Kurang Tidur Malam, Ini 5 Kiat Tubuh Bugar Sepanjang Hari

Starberita – Jakarta, Beragam faktor jadi pemicu gangguan tidur di malam hari. Misalnya, terlalu banyak pikiran, bayi menangis sepanjang malam, atau makan besar sebelum tidur. Akibatnya kualitas tidur tidak Anda dapatkan. Padahal pagi harinya harus melakukan sederet pekerjaan yang menuntut konsentrasi dan tenaga.

Biasanya kebanyakan orang akan mencari kopi untuk membantu tubuh fit. Tapi bagaimana dengan mereka yang tubuhnya menolak kopi? Misalnya, penderita asam lambung. Nah, berikut ini ada beberapa trik untuk meningkatkan energi Anda saat kurang tidur di malam hari, tanpa harus ketergantungan pada kopi.

  1. Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi
    Jika Anda merasa benar-benar tidak fit di pagi hari, inilah waktunya untuk menghidrasi. Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, kita merasa lebih lelah. Selalu minum segelas besar air hangat dengan perasan air jeruk di pagi hari. Anda akan melihat bagaimana itu benar-benar meningkatkan energi tubuh.
  2. Mandi air dingin dan gunakan minyak esensial pepermin
    Langkah selanjutnya untuk memulai hari setelah kurang tidur: mandi air dingin. Suhu yang kontras, yaitu pertemuan antara tubuh yang panas dan air yang dingin, membantu menstimulasi sirkulasi darah. Pada siang hari, Anda dapat membasuh air dingin di wajah atau meletakkan kain yang dibasahi air dingin di leher.

Tip: Setelah mandi (atau sepanjang hari) gosokkan minyak esensial pepermin pada telapak tangan, dan hirup aromanya dalam-dalam. Anda dapat memijat sisa minyak pepermin ke leher atau pergelangan tangan. Langkah ini menjamin dorongan energi.

  1. Cahaya matahari dan cukup bergerak
    Meski pada malam hari Anda tak cukup tidur, pagi harinya usahakan untuk cukup bergerak. Setidaknya bersepeda untuk pergi ke kantor atau berjalan kaki dari rumah ke halte bus. Bisa juga parkir mobil Anda agak jauh dari pintu utama kantor. Ini akan membantu membangkitkan kesadaran.

Upayakan juga Anda cukup memperoleh paparan sinar matahari dan udara segar. Cahaya matahari membantu memblokir hormon tidur melatonin. Saat jam makan siang, cobalah keluar dari kantor.

  1. Makan makanan yang tepat
    Saat kurang tidur di malam hari, bukan berarti pagi harinya Anda tidak boleh minum kopi. Hanya saja jangan terlalu banyak. Sebenarnya kafein yang ada pada kopi justru membangkitkan rasa gelisah.

Sebagai gantinya, ambillah makanan yang sehat, seperti sepotong buah yang menyegarkan, jus lemon, atau makanan kaya protein dari kacang almond, mete, yogurt, ikan, ayam.

Jauhi makanan besar tinggi karbohidrat seperti nasi atau kentang goreng yang memaksa tubuh menggunakan banyak energi untuk mencerna. Jika Anda suka, boleh mengunyah permen karet. Menurut studi, permen karet bisa membantu meredakan kantuk.

  1. Coba tidur siang

Mungkin Anda bisa tidur siang selama istirahat makan siang. Tidur sebentar membantu mengecas tubuh Anda. Pastikan tidak lebih dari 20 menit atau Anda justru merasa lebih lelah dari sebelumnya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: