Search
Senin 21 Mei 2018
  • :
  • :

Tetap Sehat Hingga Lansia dengan Cara Ini

Starberita – Jakarta, Populasi lanjut usia (lansia) di Indonesia sudah melebihi standar ageing society dengan angka lebih dari 7 persen. Namun, menurut survei, 61 persen dari total populasi lansia di Tanah Air memiliki kondisi pra renta.

Jumlah lansia yang sehat, tercatat hanya 13,2 persen dari total jumlah lansia di Indonesia. Sementara, lansia dengan kondisi renta sudah mencapai hingga 25 persen.

“Pra renta itu memiliki kondisi yang terlihat sehat tapi sebenarnya memiliki penyakit. Masalah kesehatan lansia didominasi terkait gaya hidup seperti PPOK, kanker, jantung, dan diabetes bahkan 50 persen pasien tua memiliki hipertensi,” ujar spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Siti Setiati SpPD-KGer, M.Epid.

Dikatakan Siti, cara paling mudah dalam mencegah penyakit-penyakit kronis yang mengintai lansia yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat. Salah satunya bisa dengan memilah pola makan dengan nutrisi yang tinggi protein.

“Tapi pemilihan proteinnya yang utama harus ikan, jangan daging yang banyak lemak agar massa otot tetap terjaga dengan baik sampai usia tua. Hindari soft drink dan makanan cepat saji, pilih air mineral saja untuk mencukupi kebutuhan cairan,” ungkap Siti.

Selain itu, Siti menyarankan para lansia bisa mengelola stres agar tidak berkepanjangan. Banyak bergerak secara aktif bisa membuat para lansia mengurangi kadar stres yang mengintai.

“Bisa dengan olahraga 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Lansia juga sebaiknya melakukan hobi yang disukainya agar stres bisa menurun,” terangnya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: