Search
Senin 15 Oktober 2018
  • :
  • :

Ini 6 Cara Mempersiapkan Tubuh Berpuasa di Bulan Ramadhan

Starberita – Jakarta, Bulan suci Ramadhan akan dimulai dalam beberapa hari kedepan. Dan ini saatnya bagi orang-orang muslim untuk berpuasa. Dimulai dari terbit matahari hingga terbenam matahari, kita harus menahan rasa haus dan lapar.

Perubahan pola makan ini, kadang dirasa berat oleh sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berpuasa di bulan-bulan lainnya. Namun, banyak sekali manfaat berpuasa dan hal tersebut telah dibuktikan dokter dan ahli nutrisi.

Lantas apa yang harus kita persiapkan untuk berpuasa, terutama mempersiapkan tubuh? Berikut adalah 6 hal yang harus selalu kita perhatikan menjelang puasa di Bulan Ramadhan yang kami kutip dari Alarabiya.

Makan Berkurang Tapi Sehat

Menjelang Ramadan, pola pikir khas “makan semua yang Anda inginkan karena Anda akan segera berpuasa” bukanlah yang terbaik dilakukan. Bahkan, perilaku itu hanya akan meningkatkan nafsu makan, dan membuatnya lebih sulit untuk berpuasa. Mengapa tidak mulai mengurangi porsi makan Anda dari sekarang, agar tubuh terbiasa dengan lebih sedikit makanan dan kalori. Ini tidak cukup untuk mengurangi kuantitas, Anda juga harus fokus pada kualitas. Hindari makanan berat, garam, dan gula yang memicu reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh.

Berhenti Mengemil

Mulai hari ini, biasakan makan tiga kali makan utama – sarapan, makan siang, dan makan malam – dan hindari ngemil di antara keduanya. Selama Ramadan, Anda hanya dapat menikmati dua makan utama, Sahur dan Iftar. Dengan begitu, Anda hanya perlu memotong satu kali makan berat, dan itu tidak akan terlalu buruk.

Hentikan Minum Kopi

Jika Anda seorang pencinta kopi dan ingin menghindari sakit kepala dalam beberapa hari pertama Ramadan, mulailah untuk mengurangi asupan kafein Anda. Suatu pendekatan sistematis akan melibatkan beralih ke decaff, satu kopi pada suatu waktu, sampai Anda Hanya minum kopi tanpa kafein.

Kurangi atau Berhenti Merokok

Itu karena perokok yang memasuki bulan Ramadan mungkin tidak siap untuk mengalami berbagai gejala seperti mudah marah, gelisah, ketidaksabaran, dan kesulitan berkonsentrasi selama jam-jam puasa. Untuk menghindari semua itu, kurangi jumlah rokok yang Anda hisap di siang hari. Mengapa tidak menjadikan Ramadan sebagai kesempatan untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok?

Sesuaikan Jadwal Tidur

Dan seperti yang Anda tahu di Ramadan, gaya hidup Anda berubah dan begitu juga pola tidur. Jadi rencanakan pola tidur untuk Ramadan saat ini juga. Misalnya, Anda dapat tidur lebih awal dari biasanya, dan bangun saat jam sahur. Apa pun pola tidur yang Anda pilih untuk diikuti, mulailah menirunya hari ini juga.

Kunjungi Dokter

Jika Anda memiliki kekhawatiran atas kemampuan Anda untuk berpuasa untuk alasan apa pun, baik itu diabetes, tekanan darah tinggi atau refluks lambung sederhana, sekarang adalah waktu untuk check-in dengan dokter Anda. Cari tahu apakah aman bagi Anda untuk berpuasa. DAN jika perlu melakukan perubahan dalam pengaturan waktu dan dosis obat-obatan yang Anda gunakan. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: