Search
Jumat 20 Juli 2018
  • :
  • :

Guys, Atasi Keluhan Sakit Gigi 5 Terapi Rumahan Ini

Starberita – Jakarta, Tingkat sakit gigi bermacam-macam, mulai dari rasa ngilu yang ringan hingga nyeri yang tidak tertahankan di gigi dan sekitar rahang. Beberapa penyebab utama dari sakit gigi yaitu gigi berlubang, gigi retak, infeksi, penyakit gusi atau adanya kelainan pada sendi rahang.

Sakit gigi terjadi bila area tengah gigi atau yang disebut dengan pulpa mengalami iritasi atau peradangan. Pulpa sendiri terdiri dari ujung-ujung saraf yang cukup sensitif. Pulpa dapat mengalami iritasi atau peradangan disebabkan karena beberapa penyebab, diantaranya sudah disebutkan tadi.

Jika saat ini Anda menderita sakit gigi, ada baiknya segera periksakan ke dokter gigi sebelum masalanya semakin bertambah parah. Atau Anda juga dapat mencoba beberapa obat sakit gigi alami untuk sementara mengurangi gejalanya. Berikut merupakan 5 cara membuat obat sakit gigi alami dirumah.

§  Bawang putih

Bawang putih dapat membantu mengurangi sakit gigi. Di mana bawang putih memiliki antibiotik yang efektif menekan rasa nyeri. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu campurkan 1 siung bawang putih yang telah digerus dengan garam.

Kemudian oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengunyah 1-2 siung bawang putih secara langsung untuk menghentikan sakit gigi. Gunakanlah cara mengatasi sakit gigi alami ini selama beberapa hari.

§  Bawang merah

Mirip dengan bawang putih, bawang merah mengandung antiseptik dan juga antimikroba yang bisa mengendalikan sakit gigi. Bawang merah bisa melegakan Anda dari rasa nyeri dengan cara mematikan berbagai kuman penyebab infeksi pada gigi.

Saat tiba-tiba gigi Anda terasa sakit, segeralah mengunyah bawang merah mentah selama beberapa menit. Bila Anda tidak sanggup untuk mengunyahnya, tempelkan beberapa irisan bawang merah mentah tersebut ke gigi atau gusi yang terasa ngilu.

§  Ekstrak Vanilla

Ekstrak vanilla merupakan pilihan obat sakit gigi alami yang cukup populer karena mampu meredakan rasa nyeri di gigi. Disamping itu, vanilla juga memiliki sifat menenangkan. Cara menggunakannya, celpukan kapas kedalam ekstrak vanilla dan gosokkan ke gigi/gusi yang terasa ngilu.

§  Cengkeh

Cengkeh mempunyai efek antiinflamasi, antioksidan, antibakteri dan anestetik yang bisa membantu meringankan sakit gigi. Caranya, tumbuk 2 buah cengkeh utuh lalu tambahkan sedikit minyak zaitun kemudian oleskan ke gigi Anda yang sakit.

§  Garam dan lada

Garam yang dicampur dengan lada merupakan bahan alami yang cukup bagus untuk menghentikan sakit gigi lantaran keduanya mempunyai efek anti inflamasi, anti bakteri dan analgesik. Cara mengaplikasikan garam dan lada untuk sakit gigi cukup mudah.

Caranya, campurkan garam dan lada dalam takaran yang sama kemudian tambahkan beberapa tetes air dan aduk hingga rata. Oleskan langsung ke gigi yang terasa ngilu dan diamkan selama beberapa saat. Lakukan cara ini setiap hari.

Itulah 5 Terapi Obat Sakit Gigi Alami yang bisa Anda coba di rumah. Terapi-terapi tersebut sifatnya sementara dan ditujukkan hanya untuk meringankan rasa sakit dan ngilu pada gigi. Artinya kelima terapi diatas tidak bisa menyembuhkan sakit gigi secara tuntas. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: