Search
Senin 21 Mei 2018
  • :
  • :

Diagnosis Resiko Diabetes dengan Tes Lima Jari

Starberita – Jakarta, Tes berikut ini sangat mudah dan sederhana, siapa saja dapat melakukan tes ini di rumah. Sangat penting untuk mencobanya, karena banyak orang yang memiliki peluang tinggi untuk mengembangkan diabetes dan mereka tidak menyadari fakta ini.

10 persen orang Amerika didiagnosis menderita penyakit ini. Ini berarti, 4 tahun yang lalu hampir 30 juta orang Amerika menderita diabetes. Tapi kenyataannya, hampir 30 persen dari mereka tidak mampu mendiagnosis dan tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit ini.

Setiap tahun, lebih dari US$250 miliar diinvestasikan untuk mendiagnosis diabetes. Meskipun angka-angka ini terlihat menakjubkan, kenyataannya jumlah orang Amerika yang memiliki gejala prediabetes bahkan lebih tinggi. Empat tahun lalu, lebih dari 85 juta orang Amerika menderita prediabetes.

Mayoritas orang akan menjalani tes darah untuk mengetahui apakah mereka menderita prediabetes atau tidak. Tetapi ternyata, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menentukan apakah Anda berurusan dengan prediabetes atau tidak. Namun, sebelum melakukan tes ini, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai kondisi ini.

Ya, jika seseorang didiagnosis dengan prediabetes, ini berarti orang tersebut memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi tingkat ini belum setinggi yang ditemukan pada penderita diabetes.

Mengapa disebut prediabetes? Alasannya sederhana, orang yang berurusan dengan kondisi ini akan segera menjadi penderita diabetes. Kabar baiknya, tidak semua orang yang terdiagnosis prediabetes akan menjadi penderita diabetes tipe 2.

Meskipun mengalami gejala prediabetes, tidak berarti Anda akan menderita diabetes, kecuali jika Anda mengalami masalah kesehatan yang sama seperti penderita diabetes, seperti kerusakan saraf dan penyakit jantung.

Namun dalam beberapa kasus, gejala yang terkait dengan prediabetes dan diabetes tipe 2 tidak terdeteksi, untuk itu sangat penting menemukan cara lain untuk mengetahui apakah Anda berisiko atau tidak. Berikut beberapa gejala prediabetes dan diabetes.

  • Peningkatan rasa haus
  • Peningkatan buang air kecil
  • Kelelahan kronis
  • Penurunan berat badan drastis
  • Nafsu makan meningkat
  • Memiliki masalah penglihatan
  • Penyembuhan luka sangat lama atau tidak sembuh sama sekali

Tes ini difokuskan untuk menentukan kadar gula darah. Jika level Anda lebih tinggi dari level tertentu, Anda dianggap sebagai prediabetes. Jika Anda memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi, berarti Anda menderita diabetes.

Tapi, ada cara lain untuk mendiagnosis prediabetes. Berikut panduan singkat yang akan membantu Anda mendiagnosis kondisi ini dalam waktu kurang dari 60 detik dengan bantuan jari-jari Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.

  • Pria, angkat satu jari. Wanita jangan mengangkat jari
  • Angkat satu jari jika usia Anda >40, dua jari jika >50, tiga jari jika >60, dan tidak memegang jari jika <40.
  • Angkat satu jari jika Anda tidak berolahraga, dan jangan mengangkat jari jika Anda berolahraga.
  • Angkat satu jari jika Anda memiliki keturunan diabetes
  • Angkat satu jari jika Anda menderita hipertensi
  • Angkat 3 jari jika Anda obesitas, 2 jari jika Anda kelebihan berat badan, 1 jari jika Anda hanya sedikit kelebihan berat badan, jangan mengangkat jika berat badan Anda normal.

Jika sudah selesai, hitung berapa banyak jari yang Anda angkat. Jika ada lima atau lebih, maka ada kemungkinan Anda berurusan dengan prediabetes. Meskipun tidak sepenuhnya tepat, banyak ahli yang mengatakan, ini merupakan cara yang bagus untuk mengukur risiko diabetes.

Jika Anda ingin mengetahui prediabetes dengan bantuan tes ini, Anda juga harus melakukan tes darah untuk mengetahui seberapa rawan Anda untuk mengembangkan diabetes. Jika Anda berisiko tinggi, mulailah membuat perubahan dalam gaya hidup Anda untuk mengatur kadar gula darah. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: