Search
Selasa 19 Juni 2018
  • :
  • :

Ini 10 Cara Menjaga Otak

Starberita – Jakarta, Banyak pernyataan yang mengatakan bahwa otak manusia akan berhenti menciptakan sel saraf atau neuron pada usia 20 tahun. Artinya, saraf otak berhenti tumbuh sejak usia tersebut. Tapi hal itu salah, karena otak bisa menciptakan neuron sepanjang hidup manusia, asal otak tersebut terus dipakai.

Ada 10 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga otak tetap aktif selama bertahun-tahun selama Anda hidup,:

  1. Ubah Kebiasaan

Seiring menuanya Anda, rambut Anda juga akan berubah menjadi abu-abu, kemudian putih. Tetapi ketika otak bertambah tua, apa yang terjadi? Kecepatan memproses informasi jadi menurun, sehingga sulit untuk melakukan banyak hal sekaligus.

Banyak yang meyakini bahwa stok neuron yang Anda dapatkan saat lahir semakin menurun dari waktu ke waktu yang membuat pada penurunan kemampuan intelektual. Meski demikian, manusia dinilai bisa tetap menumbuhkan neuron dengan mengubah kebiasaan dan membuat otak tetap aktif.

Caranya, dengan terus-terusan merangsang otak menciptakan jaringan baru. Dengan demikian, kita menciptakan “cadangan otak” yang mengkompensasi kerusakan jaringan fungsional yang disebabkan oleh kerusakan otak. Dan untuk menstimulasi otak, maka Anda harus menggunakannya.

Orang-orang yang telah menstimulasi otak mereka sepanjang hidup, maka tidak akan membuat kerusakan fungsi-fungsi kognitif atau intelektual. Pasalnya, otak terlatih akan mengkompensasi neuronal dan menjadi senjata anti-penuaan terbaik.

  1. Waktu Tidur yang Baik

Semua orang tahu bahwa kualitas tidur berdampak pada kesehatan kita, karena pada malam harilah otak meregenerasi dirinya sendiri, mengevakuasi racun dan melarutkan ketegangan syaraf.

Tetapi, banyak dari kita yang mengalami stres kronis yang menghasilkan tingkat gelombang otak yang tinggi, dan itu menyakitkan karena otak tidak dapat lagi mengelola emosi dan pikiran negatif. Akibatnya, tidur menjadi sulit sehingga tidak bisa lagi menyediakan pembersihan otak yang diperlukan.

Jadi, untuk bisa tetap menjaga otak retap aktif maka pastikan untuk tidur nyenyak, dan hindari apa pun yang dapat mengganggu tidur Anda. Agar menghilangkan stres, maka Anda bisa mencoba latihan pernapasan 5 menit sebanyak 3 kali sehari di malam hari.

Selain itu, Anda harus menghindari cahaya setidaknya 2 jam sebelum tidur, serta hindari pil tidur atau tidur hanya ketika Anda merasakan kelelahan fisik seperti menguap, dan mata berat.

  1. Membuat Momen Berharga

Setiap pagi kita melakukan hal yang sama, bangun tergesa-gesa, mandi dan berpakaian, lalu pikiran sibuk merenungkan masalah kemarin dan kekhawatiran hari ini. Kita malah tidak memanfaatkan momen dengan orang-orang yang kita cintai, dan kita itu justru membuat kita menjadi stres.

Maka untuk mengurangi stres saat ini, pilihlah meditasi yang meningkatkan konsentrasi. Meditasi adalah alat yang sangat bagus untuk mengaktifkan otak, karena praktiknya membutuhkan fokus dengan membiarkan pikiran negatif pergi.

Studi menunjukkan, meditasi secara teratur telah mengubah otak dengan mengembangkan daerah otak tertentu yang berhubungan dengan emosi positif. Secara bertahap, otak akan berkurang gangguannya. Cara ideal untuk memperkuat fungsi orak seseorang adalah dengan bermeditasi 25 menit sehari.

  1. Main Video Game

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain video game selama 30 menit sehari meningkatkan volume otak. Kegiatan yang menyenangkan ini, dapat mempertajam rasa observasi dan membutuhkan perencanaan tindakan lebih kondusif untuk kesehatan otak daripada televisi, yang kita pasif.

Permainan platform seperti jenis Super Mario lebih disukai, karena mudah dan tantangan yang diberikan berubah secara konstan. Tapi, jangan memainkan game permainan jenis menembak dan kekerasan karena agak berbahaya.

  1. Hindari Terlalu Banyak Kerja

Agar otak tetap bekerja aktif maka hindari terlalu banyak bekerja yang dilakukan secara intens. Karena, terlalu banyak bekerja dapat menyebabkan gangguan tidur, perasaan cemas permanen, stres dan beberapa kasus depresi yang paling serius.

Oleh karena itu, Anda perlu sesekali mendengarkan musik saat akan bekerja, mandi dan ganti pakaian saat Anda kembali dari kantor pada malam hari. Teknik lain seperti memgingat-ingat kenangan indah juga bisa Anda lakukan untuk mengendalikan emosi.

  1. Memilih Makanan Sehat

Otak adalah bagian dari manusia yang sangat serakah! Otak mengkonsumsi 20% dari energi yang disediakan oleh makanan, sementara itu hanya mewakili 2% dari berat total tubuh. Oleh karena itu, makanan yang kita makan mempunyai pengaruh besar kepada kinerja otak.

Karenanya, untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan regenerasinya, pilih makanan yang baik bagi otak. Makanan yang baik adalah dengan diet seimbang, kaya serat, untuk mendorong terciptanya neuron baru. Sebaliknya, memakan terlalu banyak gula dan lemak jenuh membatasi pembaruan sel-sel otak.

Otak membutuhkan asam lemak omega-3 yang bisa ditemukan di macarel, sarden, seafood, minyak rapeseed, dan kacang. Selain itu otak juga menyukai vitamin B6 dan B12, yang diperlukan untuk pembuatan hormon otak.

Kita juga perlu mengonsumsi pisang, telur dan kubis dan vitamin D seperti mentega, jeroan, ikan berlemak yang sangat penting untuk ingatan, karena melindungi sel-sel hippocampus, area serebral yang terlibat dalam penyimpanan informasi.

Selain itu, sayuran hijau seperti salad, bayam, kubis juga penting untuk dikonsumsi. Karena menurut penelitian terbaru oleh University of Chicago, otak menunda penurunan intelektual berkat kandungan vitamin E, B9, dan karoten yang tinggi. Lainnya, manusia perlu 1,5 liter air per hari karena kekurangan air menyebabkan pengeringan dan penyusutan sel-sel otak.

  1. Kontrol Tekanan Darah Anda

Jika memiliki hipertensi, Anda harus bisa mengontrolnya karena tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stroke kecil, dan pengulangan stroke tersebut akan merusak otak.

Selain itu, storke kecil tersebut akan menyebabkan penurunan kemampuan memori dan penalaran otak dalam melakukan tindakan. Penelitian menunjukkan bahwa mengobati hipertensi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Jangan Lupa Olahraga

Aktivitas fisik sangat penting untuk kelincahan otak. Aktivitas Ini mampu meningkatkan oksigenasi otak dan menstimulasi saraf-saraf otak baru. Dari Olahraga reguler sebanyak 3 kali seminggu, membuat fungsi intelektual otak meningkat, terutama memori, konsentrasi, dan potensi kreativitas.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga ini melawan risiko depresi dan menunda timbulnya penyakit Alzheimer. Anda bisa fokus pada aktivitas fisik seperti latihan beban, dan olahraga ketahanan seperti berenang atau bersepeda. Namun, hindari olahraga yang berat, seperti tinju karena guncangan traumatis berulang dapat menyebabkan pikun dini.

  1. Perbanyak Pertemanan

Memperluas lingkaran hubungan pertemanan adalah stimulus yang luar biasa. Pertemuan baru ini akan mendukung terciptanya hubungan antara sel-sel kelabu kecil manusia. Otak juga akan meningkatkan mood dan kreativitas kita dengan mengeluarkan oksitosin, hormon keterikatan.

Beberapa penelitian menyatakan cinta, kesehatan fisik dan mental individu saling berhubungan, bahkan sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup spesies manusia. Tanpa cinta, seorang anak yang tidak berhubungan dengan ibunya bisa mati dan tidak akan berkembang.

  1. Waspadai Kelebihan Informasi

Menjadi korban “infobesity” atau menerima terlalu banyak arus informasi, tanpa menyortir informasi yang relevan atau tidak, Anda akan berdampak buruk. Hal ini terjadi karena fenomena perkembangan internet.

Karenanya, Anda perlu meningkatkan platform konsultasi informasi, seperti jejaring sosial, situs Internet atau email. Apalagi saat ini banyak sekali influencer yang membuat situs dan Anda akan fokus menjadi pengikutnya maka Anda harus menyortir informasi.

Karena, ketika Anda menjadi sasaran “informasi yang berlebihan” untuk informasi yang sia-sia, akan membuat keputusan kita dengan cepat akan menurun.

Maka, untuk menjaga otak tetap dalam kondisi baik, lebih baik hindari banyak membaca informasi tidak penting dari satu halaman ke halaman lain di internet atau menghabiskan terlalu banyak waktu di jejaring sosial. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: