Search
Jumat 21 September 2018
  • :
  • :

Hasyim: Tim PORA di Kecamatan Harus Efektif

Starberita – Medan, Pemerintah Kota Medan bersama Kantor Imigrasi Klas I Khusus Medan bekerjasama mem­­bentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di seluruh kecamatan di Kota Medan.Tim ini diben­tuk guna mem­per­mudah pengawasan keberada­an mau­pun kegiatan orang asing di setiap kecamatan.

Pembentukan ini mendapat apresiasi dari Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Kota Medan, Hasyim. “Ya! Kita apresiasi pembentukan dan pengukuhan Tim Pora Kecamatan. Tim Pora harus berjalan efek­tif mengawasi kebe­radaan dan kegiatan orang asing di keca­ma­tan masing-masing,” harap Hasyim menjawab wartawan di Medan, Senin (14/5/2018).

Menurut Hasyim, keberadaan tim ini sangat efektif mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing, sebab pihak kecamatan mulai kelurahan sampai lingkungan merupakan orang yang paling tahu ten­tang keberadaan orang asing di wila­yahnya.

Namun, Hasyim, juga memberikan kritikan karena pembentukan tim dinilai lambat semuanya tidak terlepas persoalan keberadaan orang asing di Kota Medan sudah menjadi sorotan dan persoalan yang lama tak kunjung tuntas.

“Apa yang dilakukan Pemko Medan sebuah langkah yang positif, tapi pembentukan tim Pora ini sangat terlambat dilakukan. Kenapa tidak dilakukan jauh sebelumnya saat persoalan orang asing terutama para pengungsi dari beberapa negara sudah memasuki Kota Medan,” ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan ini.

Dia mengatakan, pihak DPRD Medan sejak tahun 2016 sudah melakukan pembahasan tentang keberadaan orang asing. ” Untuk persoalan keberadaan orang asing dalam hal ini para pengungsi sudah menjadi sorotan lama bagi kami di legislatif,tapi satu pihak pun terutama Pemko Medan sendiri pun tidak peka mengatasi persoalan ini. Dan kembali tahun ini diberikan perhatian serius kita berharap tim ini tidak hanya sekedar hadir saja,tapi kiranya peka terutama yang kita harapkan peran dari Kepala Lingkungan untuk peka dilingkunganya ,” tegas Hasyim.

Saat ini, sambung Hasyim, keberadaan orang asing sudah membanjiri setiap lingkungan,sehingga dibutuhkan kepekaan seluruh stakeholder. “Fakta nyata kita lihat saja dibeberapa lingkungan yang ada para pengungsi atau orang asing sudah dengan bebas tinggal berbaur dilingkungan masyarakat.Jangan sampai ini menimbulkan kecemburuan sosial bagi masyarakat kita jadi peran penting stake holder sangat dibutuhkan,” kata Hasyim.

Hasyim berharap, agar Pemko Medan segera melakukan koordinasi dengan pemerintah untuk mencari solusi agar keberadaan orang asing tersebut dikembalikan.

“Pemko Medan sebagai pemangku kepentingan di Kota Medan harus dengan cepat melakukan koordinasi dengan stakeholder baik Pemprovsu dan lainnya terutama lembaga internasional agar mengambil sikap bagaimana memulangkan seluruh orang asing yang menjadi korban konflik di negaranya untuk segera pulang.Bila dilakukan pembiaran secara terus menerus akan menimbulkan konflik ditengah masyarakat yang akhirnya bisa terjadi berbagai pelanggaran yang dapat merusak citra Kota Medan.Ini harus dipikirkan dengan cepat ,” kata Hasyim. (sbc-02)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: