Search
Sabtu 18 Agustus 2018
  • :
  • :

KPU Targetkan Pilkada Deli Serdang & Paluta Pakai Kotak Suara Transparan

Starberita – Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2018, setiap daerah yang terdapat calon tunggal untuk menggunakan kotak suara transparan yang telah didesign dan ditetapkan pihak KPU.

Komisaris KPU RI, Ilham Syahputra, mengatakan pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk daerah-daerah yang Pilkada dapat mengikuti aturan dalam UU No.7 tahun 2017 terkait penggunaan kotak suara transparan.

“Untuk Pilpres tahun 2019 tentu kita pakai kotak tersebut, namun kita usahakan pemilihan tahun ini menggunakan kotak transparan juga terlebih pada 14 daerah yang menjalankan Pemilu dengan satu paslon (pasangan calon),” katanya di Tangerang, Sabtu (12/5/2018).

Nantinya, untuk penerapan tersebut selain daerah yang melaksanakan pemilu satu calon, terdapat indikasi lainnya, yakni mengupayakan bahwa daerah tertentu tidak ada masalah soal percetakan dan distribusi.

Untuk daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon yakni, Deli Serdang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Prabumulih, Pasuruan, Lebak, Tangerang, Kota Tangerang, Tapin, Minahasa Tenggara, Enrekang, Mamasa, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, dan Bone.

“Kalau lancar soal distribusi dan percetakannya akan kita terapkan. Ini juga dapat mempermudah kita dalam pelaksanaan pilpres nanti di mana, sudah ada daerah yang memiliki kotak suara transparan,” ungkap Ilham.

Kotak suara transparan yang telah didesign pun, hanya terlihat transparan pada bagian depan sedangkan, sisi lainnya tidak. Untuk sisi transparan tersebut pun dilapisi dengan plastik. Kotak suara sendiri nampak terbuat dari karton tebal. (sbc-03/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: