Search
Sabtu 18 Agustus 2018
  • :
  • :

Menuju Pilbup 2018, KPUD Palas Gelar Sosialisasi

Starberita – Sibuhuan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Palas, Senin (7/5/2018), menggelar sosialisasi Pilkada ke beberapa lembaga pendidikan. Sosialisasi ke pemilih pemula tersebut menyasar SMA Kecamatan Ulu Barumun,SMK Kecamatan Lubuk Barumun dan MAN Marenu,Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Ketua KPUD Palas, Syarifuddin Daulay melalui Komisioner Divisi SDM dan Parmas Amran Pulungan mengatakan, tujuan sosialisasi ke pemilih pemula, untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya pemilu bagi generasi muda, khususnya calon pemilih pemula yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2018.

“Pemilu adalah pesta demokrasi yang penting bagi seluruh rakyat, termasuk bagi pemuda sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin secara konstitusional,” terang Amran.

Ia menambahkan, bahwa pemilu ini menjadi penting bagi pemilih pemula dikarenakan pemilih pemula, yang didominasi oleh kaum remaja atau pemuda yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, atau pekerja muda sangat strategis.

“Pemilih pemula adalah mereka yang baru memasuki usia pemilih (17 tahun-red ) atau baru pertama kali menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu.khususnya dari kalangan pelajar,” sebutnya

Amran menjelaskan, bahwa karakteristik permilih pemula ini harus diperhatikan sebagai bahan dalam mengoptimalkan partisipasi pemilih pemula.

Mulai dari karakter kritis dan mandiri, apatis, buta politik, memiliki rasa ingin tahu dan antusiasme yang tinggi hingga karakter yang menuntut perubahan.

“Pemilih pemula ini jumlahnya sangat banyak, dan mereka juga turut memegang peranan penting dalam penentuan pemilihan,” tuturnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: