Search
Sabtu 8 Agustus 2020
  • :
  • :

Gubsu Imbau Kepala Daerah Perbaiki Infrastruktur

Starberita – Medan, Gubsu, Tengku Erry Nuradi menghimbau kepada seluruh Bupati dan Walikota se-Sumatera Utara (Sumut) untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur, khususnya jalan di daerah masing-masing.

Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan pada malam puncak rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Pesta Rakyat, di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang Medan, kemarin.

Erry menyampaikan, dirinya sering mendapatkan keluhan dari masyarakat mengenai kondisi jalan saat melakukan kunjungan ke daerah-daerah.

“Perlu diingat bahwa jalan di Sumut tidak semua menjadi tanggung jawab provinsi. Paling banyak justru menjadi tanggung jawab kabupaten dan kota. Oleh karena itu, saya berharap pada bupati, walikota, dan yang mewakili hari ini untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur di daerahnya masing-masing,” ujar Erry.

Untuk jalan-jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi, kata Erry, panjangnya mencapai sekitar 3050 kilometer. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kondisi jalan mantap akan mencapai 88% pada akhir tahun 2018. Naik sebanyak 4% dibanding tahun 2017 yang mencapai 84%.

Pada malam Pesta Rakyat itu, Erry juga ingin melaporkan kepada masyarakat Sumut yang hadir tentang situasi dan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh Sumut selama ini.

“Malam ini adalah momen untuk kita bersilaturahmi sesama warga Sumut. Seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari pengusaha, pelaku seni dan budaya, UMKM, pelajar dan berbagai komunitas hadir bersama-sama, tentu adalah sebuah momen langka. Untuk itu, saya ingin menggunakan kesempatan ini melaporkan langsung langkah-langkah yang telah kita upayakan untuk membuat Sumut menjadi lebih baik,” katanya.

Erry menjelaskan beberapa prestasi yang berhasil dicapai Sumut. Termasuk salah satunya penurunan angka kemiskinan hingga di bawah rata-rata nasional. Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provsu, angka kemiskinan di Sumut untuk dua tahun terakhir ini turun 1 persen dari 10,16% menjadi 9,28%. Angka ini jauh lebih baik dari rata-rata nasional yang masih 10,12%.

Demikian pula dengan tingkat penganggurarn terbuka Sumut yang terus ditekan hingga mencapai angka 5,5%. Erry pun menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat. Menurut Erry, pemerintah pusat banyak memberikan perhatian besar untuk kemajuan pembangunan di Sumut.

“Sebagai contoh jalan tol di Sumut terakhir di bangun tahun 1987 dan hanya sepanjang 33 Kilometer. Selama 30 tahun tidak ada pembangunan jalan tol. Alhamdulillah, akhirnya pada tahun 2017 yang lalu, kita meresmikan jalan tol Medan-Binjai dan Medan-Tebing bersama dengan presiden. Jika semua sudah rampung panjangnya akan mencapai 112 Kilometer. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Bapak Jokowi untuk dukungannya yang sangat luar biasa,” ungkap Erry. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: