Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

Anak 5-10 Tahun Rentan Terkena Sinusitis, Moms Cegah dengan Cara Ini

Starberita – Jakarta, Tindakan sederhana membersihkan hidung juga merupakan bentuk meringankan kondisi masalah hidung.

Nasal irrigation membersihkan allergens, excess mucus, dan kerak/kotoran pada rongga hidung sehingga menjaga mukosa hidung tetap bersih dan sehat. Ya, menjaga kebersihan hidung dapat mencegah timbulnya penyakit sinusitis.

Sinusitis merupakan proses peradangan pada rongga sinus. Rongga sinus adalah struktur anatomi berupa rongga yang terletak di daerah wajah. Rongga sinus terletak di daerah wajah yang bermuara di rongga hidung.

Karena rongga sinus merupakan struktur yang berkesinambungan dengan rongga hidung, pada umumnya saat rongga sinus mengalami peradangan akan diikuti pula peradangan di daerah hidung. Karena itu, peradangan di daerah sinus lazim disebut rinosinusitis.

Jenis rongga sinus yaitu sinus maksilaris yang letaknya di daerah pipi, sinus frontalis letaknya di dahi, sinus etmoidalis terletak di sekitar mata, dan sinus sfenoidalis di belakang dahi. Sinusitis sangat tinggi berisiko menyerang anak-anak.

Rentang usia anak yang paling sering mengalami sinusitis adalah usia anak menjelang sekolah, yaitu 5-10 tahun, mengingat sistem kekebalan tubuh anak-anak tidak sekuat orang dewasa dalam pertahanan terhadap kuman yang menyebabkan pilek atau alergi.

Tidak seperti anak-anak, orang dewasa bisa memastikan hidungnya tetap bersih. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatannya.

Spesialis ahli bedah THT dan kesulitan bernapas saat tidur (apnea ), Dr Vikas Agrawal, mengatakan, masuk angin, alergi, polip hidung (halus/lembut, pembengkakan seperti anggur selaput sinus), atau tulang hidung bengkok menghalangi hidung, merupakan beberapa hal penyebab sinusitis.

“Orang biasanya memiliki kecenderungan alergi musiman di sekeliling dan pada tempat mereka tinggal, tentunya akan lebih rentan terjadi di kota tercemar,” kata Dr Vikas.

Beberapa gejala sinusitis antara lain penyumbatan, melernya cairan hidung, nyeri wajah, sakit kepala, atau demam tinggi yang berlangsung selama lebih dari 10 hari. Sinusitis akut berlangsung 10-14 hari dengan terdapat dua atau lebih gejala dan terjadinya perubahan debit cairan kuning hijau lebih buram dari hidung. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: