Search
Selasa 4 Agustus 2020
  • :
  • :

5 Makanan Ini Bisa Cegah Resiko Kambuhnya Asma

Starberita – Jakarta, Jika Anda punya risiko alergi asma, sebaiknya jaga kondisi tubuh agar penyakit itu tidak mudah kambuh. Salah satu caranya yakni mengonsumsi makanan tertentu yang tentu tidak mengandung alergen.

Gangguan asma sejak lahir bisa saja dialami seseorang. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarganya.

Asma bukanlah salah satu gangguan pernapasan yang diabaikan. Kalau sering kambuh pasti akan merugikan diri sendiri.

Yang pasti Anda dituntut untuk rajin olahraga setiap hari, terutama yang tidak membuat penyakit kambuh. Selain dengan cara menjaga pola makan, Anda harus menjalani gaya hidup sehat yang lain.

Nah, agar lebih jelas dengan jenis makanan apa saja yang cocok dikonsumsi untuk melawan kambuhnya asma, simak 7 ulasannya berikut ini.

Susu

Kenapa minum susu bisa mencegah risiko kambuhnya penyakit asma? Rupanya, minuman kaya kalsium dan magnesium ini, bisa mengendurkan otot-otot bronkus, serta menjaga saluran udara Anda halus dan terbuka. Selain magnesium, susu juga kaya vitamin D, yang dikenal dengan sifat pencegahan asmanya.

Bawang putih

Penderita asma juga harus memperbanyak konsumsi bawang putih. Manfaatnya dapat mengurangi risiko kekambuhan penyakit gangguan pernapasan. Di smaping itu, bawang putih juga kaya akan tiosulfat, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi. Anda harus sering menambahkan bawang putih sebagai tambahan bumbu masakan yang dijamin bisa melezatkan makanan.

Wortel

Sebagian besar wortel mengandung betakaroten, yang ternyata dapat memberikan perlindungan terhadap asma. Kemudian, kandungan beta karoten itu diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang ternyata punya fungsi sama seperti imunisasi untuk mencegah serangan asma.

Kunyit

Di antara banyak rempah-rempah yang menjadi bumbu masakan atau ramuan minuman yang enak dikonsumsi, kunyit salah satu rempah yang berfungsi untuk mencegah asma. Anda yang sering konsumsi kunyit dapat membantu dalam memerangi asma bronkial. Dengan begitu, dalam kehidupan sehari-hari risiko asma jadi tidak mudah kambuh dan aktivitas tetap nyaman

Sayur dan buah-buahan dengan vitamin C

Bahan makanan seperti bayam, buah beri, dan sayuran hijau lainnya yang mengandung vitamin C dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Di samping itu, Anda yang sering konsumsi makanan ini bisa mengurangi mengi. Terlebih, anak-anak juga harus rutin diberikan makanan sayur dan buah tersebut, karena penting untuk mencegah asma yang mengganggunya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: