Search
Senin 10 Agustus 2020
  • :
  • :

Efektifkah Hilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi?

Starberita – Jakarta, Jika Anda pernah dilanda kepanikan luar biasa akibat jerawat yang tiba-tiba panen di wajah mendekati momen penting, tidak diragukan lagi bahwa Anda pasti akan mengerahkan seluruh jiwa dan raga untuk menyingkirkan si merah mengganggu ini. Dan, siapa sih yang tidak pernah termakan dengan trik warisan nenek moyang yang satu ini: menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Tapi, apa benar cara ini efektif?

Apa yang ada dalam pasta gigi?

Mau apapun merk pasta gigi yang Anda gunakan, pada umumnya sebuah produk pasta gigi mengandung sejumlah bahan tertentu, seperti baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, menthol, hingga triclosan. Bahan-bahan ini memang dikenal mampu mengeringkan kulit, misalnya baking soda sering digunakan sebagai masker wajah dalam perawatan rumahan untuk menghilangkan jerawat.

Efektifkah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi?

Sayangnya, sementara masing-masing formula ini memang memiliki efek mengeringkan kulit, menggunakan kombinasi dari semua bahan-bahan ini dapat menyebabkan kulit wajah Anda jadi tambah rusak. Pasta gigi diracik dan dirancang khusus untuk kesehatan gigi — bukan untuk kulit. Dengan demikian, pasta gigi dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kemerahan dan mengelupas, bahkan hingga terbakar, kata Dr Neal Schultz, dermatologists berbasis di New York.

Dr Schultz mencatat bahwa tidak ada bahan dalam pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif daripada pengobatan jerawat yang konvensional. Pasta gigi akan mengiritasi kulit, dan meski jerawat mungkin pada akhirnya dapat menghilang bersama dengan iritasi, tapi menghilangkan jerawat dengan pasta gigi bukanlah jalan pengobatan yang direkomendasikan oleh banyak dokter kulit.

Cara apa yang paling baik untuk menghilangkan jerawat?

Formula pasta gigi memang bersifat mengeringkan, yang pada teorinya merupakan metode bagus untuk menyingkirkan jerawat, tapi menghilangkan jerawat dengan pasta gigi tidak direkomendasikan sebagai pengobatan jerawat jika menimbang risiko kerusakan kulit yang lebih besar dari manfaatnya.

Lebih baik gunakan obat kulit yang memang dirancang khusus untuk mengobati jerawat. Coba krim jerawat atau gel yang mengandung salicylic acid 1%, atau 2,5% benzoil peroksida — obat-obatan ini juga dapat membantu mencegah jerawat timbul ke permukaan. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: