Search
Minggu 23 September 2018
  • :
  • :

Tobasa Juara Umum Porwilsu Karate Wilayah III 2018

Starberita – Balige, Kontingen Karateka Toba Samosir meraih juara umum dalam Pekan Olah Raga Wilayah III Sumatera Utara (Porwilsu) Karate Tahun 2018. Kontes ini dipusatkan di GOR Artha Graha Peduli TB Silalahi Center Pagar Batu Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Sebanyak 218 atlit karateka putra/putri dari Kabupaten Tobasa, Taput, Humbahas, Samosir, Pakpak Barat, Pematang Siantar, Deli Serdang, Binjai dan Nias antusias mengikutinya. Dari 218 atlit, 128 orang diantaranya putra dan 90 putri untuk Komite Perorangan. Semuanya atlit berasal dari 15 Perguruan Karate yang berada dibawah naungan FORKI.

Ketua KONI Tobasa, Alfaris Simanjuntak Porwilsu Karate Wilayah III Sumut berjalan dengan baik dan lancar.

“Para atlit dikatakan telah menunjukkan semangat Bushido dan sportifitas selama bertanding. Bagi para atlit yang belum berhasil meraih predikat juara diminta berlapang dada menerima kenyataan dan lebih giat berlatih. Bagi para juara, disampaikan selamat dan prestasi yang diraih diminta dapat dipertahankan dan ditingkatkan kedepan,” katanya.

Dia menegaskan, mempertahankan lebih sulit daripada merebut predikat juara.

Ketua KONI Provinsi Sumut diwakili Wakil Ketua, Sakiruddin mengaku pelaksana Porwilsu Wilayah III Sumut 2018 seharusnya KONI Provsu. Namun karena KONI Tobasa siap melaksanakan maka diberi kepercayaan sebagai tuan rumah.

“Kegiatan ini tidak sebatas Porwilsu, tetapi juga sebagai ajang menseleksi para atlit Karateka untuk selanjutnya dipersiapkan menghadapi Pekan Olah Raga Propinsi Sumatera Utara yang akan dilaksankan November 2018 mendatang. Selesai itu nanti, atlit terbaik akan kita promosikan untuk mengikuti Kejuaraan Karate di tingkat lebih tinggi,” jelasnya.

Ketua FORKI Tobasa Toni Simanjuntak mengatakan pekan olah raga tersebut telah berjalan baik dan sukses. Selama pertandingan berlangsung semua atlit menunjukkan semangat dan sportifitas yang tinggi. “Para Dewan Juri dan Wasit telah memimpin pertandingan pun Jujur dan adil. Tidak ada terlihat memihak kepada perguruan/oknum atlit Karateka. Ini tercapai tentu berkat kerjasama semua pihak, mudah mudahan kedepan pelaksanaannya lebih baik lagi,” katanya.

Toni selaku anggota DPRD Tobasa berjanji akan berjuang untuk menambah anggaran KONI Tobasa TA 2019. Sehingga prestasi Olah Raga Tobasa khususnya Cabang Olah Raga Karate terus meningkat dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Tobasa di tingkat Propinsi, Nasional maupun Dunia Internasional, seperti tahun tahun sebelumnya.

Perolehan Medali pada Porwilsu Karate Wilayah III Sumut 2018, Kabupaten Tobasa meraih 4 medali emas, 3 perak, 2 perunggu. Taput, 3 emas, 7 perunggu. Kodya Binjai, 2 emas, 5 perak, 6 perunggu. Deli Serdang, 2 emas, 2 perak, 3 perunggu. Humbang Hasundutan, 1 emas, 1 perunggu, Kodya P. Siantar, 1 perak, 3 perunggu. Samosir, 1 emas, 2 perunggu. Pakpak Barat, 2 perunggu. Sementara Kabupaten Nias tidak hadir mengikuti Porwilsu. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: