Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Geramsu: Upaya Pembungkaman Buruh Masih Ada
Search
Rabu 19 Februari 2020
  • :
  • :

Geramsu: Upaya Pembungkaman Buruh Masih Ada

Starberita – Medan, Sejumlah elemen buruh tergabung dalam Gerakan Rakyat Melawan Sumatera Utara (Geramsu) menilai masih ada tindakan pembungkaman oleh pihak pemerintah dan juga pengusaha.

“Soal May Day sebenarnya pada hari ini, pembungkaman terhadap suara buruh masih sangat terasa di negeri ini,” sebut Kordinator Aksi Geramsu, Pahala Napitupulu di Medan, kemarin.

Pahala pun memberi contoh sederhana terhadap UU No. 21 tahun 2000 tentang Kebebasan Berserikat, menurutnya saat ini nasib para buruh masih berada di bawah tekanan, dalam hal ini berkenaan dengan kebebasan berserikat dikalangan buruh itu sendiri.

“Untuk kebebasan berserikat sesuai undang-undang, kami ini masih dibawah tekanan. Tapi saya juga mau katakana bahwa pemerintah kita juga lemah dalam hal pengawasan,” sebutnya.

Sebelumnya dalam orasi yang disampaikan, May Day adalah hari besar bagi seluruh buruh di dunia juga menjadi hari paling bersejarah bagi kaum buruh, may day lahir dari buah perjuangan kaum buruh di Amerika Serikat pada abad ke-19 dan berujung pada pembantaian ratusan buruh di Chicago tahun 1886.

Di tahun 2018 ini, dibuka dengan kenyataan pahit terhadap implementasi PP No. 78 tahun 2015, kementerian ketenagakerjaan menginstruksikan seluruh daerah untuk membatasi kenaikan upah buruh sebesar 8,71%.

“Belum lagi, skema upah murah yang diberlakukan oleh rezim Jokowi-Jk melalui PP 78 telah sukses memproduksi ketimpangab dan kemiskinan,” ujarnya saat berorasi. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: