Search
Sabtu 20 Oktober 2018
  • :
  • :

Walikota: Stok Bahan Kebutuhan Pokok di Medan Aman Jelang Ramadhan & Idul Fitri

Starberita – Medan, Walikota Medan, Dzulmi Eldin, mengimbau warga Kota Medan untuk tidak risau dan panik, sebab stok ketersediaan bahan pokok menjelang datangnya puasa suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri  di Kota Medan aman.

“Apalagi, Pemko Medan beserta instansi terkait akan terus melakukan pengawasan, sehingga distribusi bahan kebutuhan pokok berjalan,” kata Walikota usai meninjau Pasar Sei Sikambing dan Pasar Petisah bersama Kapolrestabes Kombes Dadang Hartanto, Kepala Divre Perum Bulog Sumut Benhur Ngakaimi, Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD terkait Pemko Medan, Jumat (27/4/2018).

Dari hasil tinjauan di kedua pasar, kata Walikota, harga bahan kebutuhan pokok di Kota Medan relatif masih stabil dan belum ditemukan lonjakan harga. “Jikapun ada kenaikan hanya berkisar Rp1000 sampai Rp2.000, itu pun cabai merah. Disamping itu kita menemukan ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan seperti bawah putih, cabai rawit dan cabai hijau,” kata Walikota.

Selanjutnya guna mengantisipasi terjadinya kenaikan harga, Walikota mengatakan telah berkoordinasi dengan Bulog, terutama menyangkut pendistribusian beras ke seluruh pasar tradisionil di Kota Medan. Langkah itu dilakukan agar masyarakat,  terutama yang kurang mampu dapat membeli guna memenuhi kebutuhan menyambut bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri. “Jika kualitas beras Bulog kurang bagus, bisa dipulangkan untuk diganti kembali,”  ungkapnya.

Sementara itu menurut Kepala Divre Perum Bulog Sumut Benhur Ngakaimi, pihaknya dalam seminggu terakhir ini akan melakukan operasi pasar besar-besaran sehingga beras dari Bulog bisa sampai dan dijual para pedagang.

“Walaupun pedagang di Kota Medan berjumlah ribuan dan petugas kita tidak sampai 20 orang namun itu tidak bisa menjadi alasan. Kita kana terus berupaya sehingga masyarakat jelang puasa dan Hari Raya Idul Fitri dapat menikmati beras Bulog yang layak dan harga terjangkau. Di samping itu kita juga telah meyediakan stok yang cukup,” jelas Benhur.

Diungkapkan Benhur, Bulog saat ini memiliki stok beras medium 40.000-an ton. Beras medium itu nantinya akan dijual kepada pedagang dengan harga Rp8.600/kg dan dijual kepada masyarakat sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). “Saat ini HET kita Rp9.950/kg, kita upaya harga jual nantinya di bawah HET,” jelasnya.

Selain beras, Benhur mengatakan Bulog juga telah mempersiapkan bahan kebutuhan pokok lainnya seperti gula, daging, minyak goreng, tepung terigu serta  gula pasir. Oleh karenanya Benhur mengingatkan kepada masyarakat agar tidak resah serta tidak perlu membeli dengan jumlah yang berlebihan. (sbc-02)

 

 

 




Tinggalkan Balasan

error: