Search
Rabu 24 Oktober 2018
  • :
  • :

RPH Medan Disarankan Diswastakan

Starberita – Medan, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Medan, Isfan Fakhruddin, menyarankan PD RPH untuk swastakan, sehingga bisa menentukan harga daging sendiri.

“Saya mendorong segera diswastakan dan saya siap mengelolanya secara pribadi,” ujar Isfan Fakhruddin dalam rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Medan akhit tahun anggaran 2017 di DPRD Kota Medan, Senin (16/4/2018) yang dipimpin Ketua Pansus, Rajudin Sagala.

Isfan mengaku, kendala RPH saat ini adalah permodalan. Dia optimis RPH bisa beruntung jika cukup permodalan. “Jika ada yang memberikan modal, dalam tempo dua tahun saya bisa mengembalikannya, karena kita telah  menentukan harga daging sendiri,” ujarnya.

Hewan-hewan di RPH, kata Isfan, masih didatangkan dari luar. “Seharusnya punya sendiri, sehingga berkembang biak dan bisa menentukan harga sendiri. Semua itu tergantung permodalan,” kata Isfan seraya menyebutkan RPH Kota Medan sudah mendapatkan sertifikasi halal.

Isfan juga menyampaikan solusi dan program yang sudah dilaksanakannya dengan menjalin kerjasama dengan Bank BRI, Supermaket dan lainnya.

Menanggapi itu, anggota Pansus LKPj, Mulia Asri Rambe, menyarankan agar pihak RPH melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas, sehingga nantinya dewan bisa memperdakannya. “Kami tak ingin hanya mendengar kerugian saja, seharusnya BUMD Medan ini juga menyampaikan pendapatannya,” timpal Beston Sinaga. (sbc-02)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: